Gelar Workshop, Wawali Pasuruan Dorong OPD Berinovasi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Gelar Workshop, Wawali Pasuruan Dorong OPD Berinovasi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo saat memberikan sambutan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik. Kali ini, melalui bagian organisasi sekretariat daerah menggelar workshop peningkatan kualitas pelayanan publik di Ballroom BJ Perdana Hotel & Resort, Senin hingga Selasa (7-8/11/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Pasuruan yang membuka kegiatan tersebut berharap melalui workshop ini, ke depan OPD pelayanan publik dapat memenuhi eskpektasi masyarakat. Khususnya terhadap layanan publik pemerintah yang prima.

Baca Juga: Lilik Pujiastuti Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Pasuruan

Untuk mewujudkan itu, Mas Adi -sapaan Wakil Wali Kota Pasuruan- berharap unit penyelenggara pelayanan publik memacu diri untuk memperbaiki kualitas pelayanannya melalui inovasi.

"Ekspektasi masyarakat terhadap layanan pemerintah sangat tinggi. Tranformasi kita untuk menangkap ekspektasi masyarakat harus dilakukan. Salah satunya melalui inovasi. Dalam berinovasi pun jangan hanya sekadar baru, namun harus memenuhi unsur memberi nilai manfaat yang lebih besar," pesan wawali.

Menurutnya, kepuasan masyarakat terhadap layanan publik juga menjadi indikator sejahteranya masyarakat di sebuah daerah. Jika warga masih banyak yang mengeluh tentang buruknya layanan pemerintah, maka bisa dikatakan kesejahteraan masyarakat belum tercapai.

Baca Juga: Pesan Plt Wali Kota Pasuruan saat Hadiri Sholawatan di Peringatan Hari Kejaksaan RI ke-79

"Jika dikaitkan dengan visi pemkot, yaitu salah satunya harmoni warganya, dapat dilihat dari bagaimana layanan pemerintah telah mampu memnuhi hajat hidup warga Kota Pasuruan," paparnya.

Untuk itu, workshop peningkatan kualitas pelayanan publik ini menjadi sebuah momentum untuk menyamakan persepsi tentang standar layanan yang saat ini diharapkan oleh publik.

"Kecepatan perubahan di dunia terkadang melebihi kesiapan kita. Untuk itu sebagai penyelenggara layanan publik harus mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan. Contohnya saat ini banyak layanan publik yang memanfaatkan kemajuan teknologi," ucap Adi.

Baca Juga: KPU Kota Pasuruan Gelar Pengambilan Nomor Urut, Pasangan Anugrah Dapat Nomor 01

Metode amati, tiru, dan memodifikasi inovasi yang telah dilakukan daerah lain juga disebutnya menjadi langkah yang bisa dilakukan oleh unit penyelenggara publik di Kota Pasuruan.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan secara baik dari daerah lain berkaitan dengan layanan publik, dapat diadopsi dengan tetap memperhatikan karakteristik masyarakat yang ada di Kota Pasuruan.

Baca Juga: Silaturahmi ​Pemkot Pasuruan dengan Tomas dan Ormas, Adi Wibowo Bersyukur karena Hal ini

Wawali lalu mengimbau kepada pejabat publik untuk lebih memiliki kepekaan untuk melayani masyarakat dan sebaliknya tidak berpola pikir untuk minta dilayani.

"Penyelenggara pemerintah harus memberikan pelayanan bagi masyarakat secara prima, bukan hanya minta dilayani. Untuk itu peningkatan kualitas layanan seperti hari ini sangatlah diperlukan," pungkasnya. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO