5 Pilihan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung, ada Alpukat Salah Satunya

5 Pilihan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung, ada Alpukat Salah Satunya Alpukat salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penyakit jantung adalah keadaan ketika jantung mengalami gangguan sehingga berpengaruh pada kinerjanya.

Gangguan itu bisa berupa banyak hal dan membawa dampak komponen jantung yang berlainan.

Baca Juga: 14 Gejala Trigliserida Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Biasanya disebabkan oleh masalah pada katup jantung, pembuluh darah jantung. Selain itu penyakit ini juga dapat disebabkan oleh kelainan lahir atau infeksi.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian tertinggi di dunia. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar menjaga supaya bekerja secara optimal.

Salah satu tindakan terbaik untuk menjaga adalah mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk jantung. Berikut beberapa pilihan makanan untuk menjaga .

Baca Juga: Benarkah Daun Salam Baik untuk Kesehatan Jantung? Ini Penjelasannya

1. Alpukat

Buah yang satu ini memiliki kandungan gizi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan gizi harian. Buah Alpukat sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk menyehatkan jantung.

Alpukat juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Selain itu buah Alpukat juga baik untuk menurunkan risiko dari ancaman . Alpukat juga kaya akan nutrisi yang penting untuk .

Baca Juga: Waspadai 4 Tanda Serangan Jantung akan Muncul

Mengonsumsi alpukat ke dalam sajian harian dapat membantu membenahi kadar kolesterol pada orang yang memiliki obesitas.

2.Minyak ikan

Minyak ikan merupakan cara lain untuk menambahkan dosis harian asam lemak omega-3. Suplemen minyak ikan telah terbukti meningkatkan fungsi arteri, menekan trigliserida darah, dan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Baca Juga: Kenali Gejala Sakit Jantung yang Harus Diwaspadai

3.Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber vitamin K yang berfungsi untuk melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah dengan baik.

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, sawi, dan bayam terkenal dengan kekayaan mineral, vitamin, dan antioksidannya.

Baca Juga: Cara Mencegah Penyumbatan Setelah Pasang Ring Jantung

Makanan ini juga tinggi akan nitrat makanan, yang terbukti mengurangi kekakuan arteri, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah pada tubuh kita.

4. Buah beri

Buah beri dalam pengertian botani adalah buah yang berdaging, terbentuk dari bakal buah (ovarium) tunggal.

Baca Juga: Efek Kacang Tanah Bagi Kesehatan Jantung

Jenis buah beri seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry juga baik untuk jantung. Kelompok buah tersebut juga kaya akan antioksidan seperti anthocyanin yang dibutuhkan tubuh. Senyawa tersebut membantu menjaga kita dari stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada serangkaian perubahan .

5. Ikan berlemak

Jenis ikan berlemak seperti mackerel, salmon, tuna, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat dibutuhkan untuk melindungi jantung. Asam lemak omega-3 dari Ikan berlemak mempunyai peran mencegah risiko dan sedikit menekan risiko dan aritmia. (git).

Baca Juga: Kenali Gejala Stroke Pada Lidah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO