7 Hari Tidak Ditemukan, Operasi Pencarian Bocah Hanyut di Sungai Brantas Dihentikan

7 Hari Tidak Ditemukan, Operasi Pencarian Bocah Hanyut di Sungai Brantas Dihentikan Petugas gabungan saat menyusuri Sungai Brantas menggunakan perahu karet untuk mencari keberadaan bocah yang tenggelam. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Operasi pencarian M. Rosid Alkafi, bocah berusia 4 tahun yang diduga hanyut di dihentikan setelah 7 hari tidak ada titik terang. Bukan tanpa sebab, hal tersebut sesuai dengan batas waktu standar operasional yang berlaku.

Operasi Pencarian dan Pertolongan diatur dalam Peraturan Pemerintah yaitu PP 22 tahun 2017 tentang Operasi Pencarian dan Pertolongan. Salah satu diktum disebutkan, penghentian pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan dilakukan apabila setelah jangka waktu 7 hari pelaksanaan operasi pencarian tidak ada tanda-tanda korban ditemukan.

Baca Juga: Polisi Tahan Pelaku KDRT di Kediri

"Jadi sesuai SOP pencarian yang dilakukan oleh tim gabungan yang dimulai pada hari Selasa (8/11/2022) hingga sekarang atau tujuh hari pencarian secara resmi kami hentikan," kata Plt. Kepala BPBD Kota , Indun Munawaroh, Senin (14/11/2022).

Meski secara resmi operasi pencarian dihentikan, BPBD Kota tetap akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang wilayahnya dialiri , seperti Kabupaten , Jombang, dan Mojokerto.

Sementara itu, Komandan Tim Basarnas Trenggalek, Imam Nahrowi, mengatakan bahwa sejak awal tim gabungan melakukan pencarian menggunakan dua perahu karet untuk menyisir sepanjang .

Baca Juga: Mortir Diduga Peninggalan Belanda Ditemukan di Kediri

"Bahkan pencarian kami perluas hingga ke wilayah Jombang dan Mojokerto. Namun pencarian tim gabungan belum membuahkan hasil," kata Imam.

Sebelumnya, bocah yang dari Kelurahan Banjarmlati, Kecamatan Mojoroto, Kota , hanyut di , Senin (7/11/2022) sekira pukul 08.00 WIB. Berdasarkan informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, Rosid sedang bermain di Bantaran , Kelurahan Banjarmlati.

Setelah dilakukan pencarian secara mandiri di lingkungan perumahan, ternyata Rosid tidak ditemukan. Berdasarkan pantauan CCTV, ia sedang bermain di aliran dengan pakaian terakhir yang dikenakan adalah kaos dalam putih dan menggunakan pampers. (uji/mar)

Baca Juga: Gegerkan Warga Balowerti Kediri, Kakak Bunuh Adik Usai Pesta Miras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO