Dorong Perkembangan UMKM, Dinkop dan UM Kota Pasuruan Gelar Workshop Digitalisasi

Dorong Perkembangan UMKM, Dinkop dan UM Kota Pasuruan Gelar Workshop Digitalisasi Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo saat membuka worskhop digitalisasi UMKM.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan menggelar usaha mikro kecil dan menengah, Rabu (16/11/22).

Acara yang berkolaborasi dengan PCNU Kota Pasuruan ini diikuti 150 peserta untuk memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022.

Baca Juga: Pjs Wali Kota Pasuruan Hadiri Kirab Maskot Pilkada 2024

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo dalam sambutannya saat membuka kegiatan, berharap melalui workshop ini para pelaku usaha mikro lebih produktif dan lebih cakap digital untuk mengembangkan usahanya.

Menurut Mas Adi, sapaan Wali Kota Pasuruan, pelaku usaha mikro harus mengikuti pesatnya perkembangan zaman, khususnya dalam hal digitalisasi. "Mulai dari sistem pembayaran hingga marketplace," katanya.

Apabila pelaku usaha mikro mampu memanfaatkan digitalisasi, ia yakin pertumbuhan ekonomi akan optimal. 

Baca Juga: Lilik Pujiastuti Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Pasuruan

"Untuk itu melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengarahkan para pelaku usaha untuk memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga mampu untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produksinya guna mendorong sisi produktivitas ekonomi," kata wawali.

Ia mengungkapkan, sudah ada 12.000 UMKM yang telah terdaftar di SiDuta (Sistem Informasi Data Usaha Mikro Kota Pasuruan). Dari jumlah itu, 5.222 produk UMKM sudah terdaftar di e-katalog lokal Kota Pasuruan. 

“Jika 12.000 UMKM ini berdaya aktif dan produktif tentu ini akan menopang perekonomian Kota Pasuruan sebagaimana visi Kota Pasuruan, yaitu maju ekonominya. Selain itu, akan mampu menambah peluang pekerjaan bagi masyarakat Kota Pasuruan,” jelasnya.

Baca Juga: Pesan Plt Wali Kota Pasuruan saat Hadiri Sholawatan di Peringatan Hari Kejaksaan RI ke-79

Adi menambahkan, bahwa Pemkot Pasuruan berkomitmen mendukung digitalisasi sektor UMKM. Salah satunya, dengan menggelar acara ini dengan harapan sektor ekonomi kreatif di Kota Pasuruan dapat tumbuh.

“Kami mendukung dan selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada di Kota Pasuruan,” pungkasnya. (par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO