Miris! Piala Dunia 2022 Qatar Terancam Sepi Penonton

Miris! Piala Dunia 2022 Qatar Terancam Sepi Penonton Piala Dunia 2022 Qatar terancam sepi penonton karena berbagai asalan. (foto: instagram qfa)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perhelatan 2022 yang berlangsung di Qatar akan resmi dimulai pada hari ini. Namun, keramaian dan keriuhan yang biasa terdengar sebelum seperti lenyap di edisi kali ini.

Suasana yang biasanya hadir dalam lantunan theme song resmi, publisitas iklan bertema , promosi di media sosial, hingga acara nonton bareng (nobar) belum terasa gebyarnya hingga beberapa jam sebelum kick off 2022 digelar.

Ada sejumlah alasan mengapa event empat tahunan itu tidak seramai pada edisi-edisi sebelumnya. Banyaknya polemik terkait tuan rumah, rumor hak asasi manusia (HAM), hingga waktu pelaksanaan yang tak biasa menjadi alasan mengapa tahun ini terasa hambar.

Seperti diketahui, jadwal 2022 akan dimulai pada Minggu (20/11/2022), pukul 23.00 WIB. Sementara laga final akan diselenggarakan pada 18 Desember mendatang.

Pembukaan acara akan digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, pada pukul 21:42 WIB dengan dimeriahkan sejumlah penyanyi seperti personil BTS Jungkook dan penyanyi fenomenal asal India Nora Fatehi. Acara akan dilanjutkan dengan pertandingan perdana yang menghadirkan tuan rumah Qatar bersua melawan Ekuador.

2022 Qatar akan melibatkan 32 kontestan dengan total laga sebanyak 64 di delapan stadion.

Pada edisi kali ini menjadi event pertama yang digelar menjelang musim dingin atau pada akhir tahun. Dalam 22 edisi sebelumnya yang sudah berlangsung sejak 1930, kegiatan tersebut selalu diadakan menjelang atau selama musim panas yakni antara Mei, Juni, dan Juli. Pada bulan-bulan tersebut, liga sepak bola dunia sudah menyudahi perjalanan satu musimnya.

Jadwal pelaksanaan 2022 Qatar pada Desember yang tak umum ini juga membuat keriuhan edisi kali ini seolah tenggelam. Pasalnya, event empat tahunan ini berlangsung saat liga-liga sepak bola top dunia di dunia masih berjalan. Liga-liga pun terpaksa diliburkan di tengah musim.

Saat persaingan di liga lokal masih sangat terasa, tiba-tiba muncul. Jeda waktu yang sangat singkat ini juga membuat perencanaan tim nasional sangat terbatas menjelang .

Pada edisi sebelumnya, suasana sudah semarak setidaknya sebulan sebelumnya. Laga ujicoba atau info seputar persiapan tim nasional akan mewarnai banyak pewartaan yang menyemarakkan atmosfer tersebut.

2022 Qatar yang dimulai pada 20 November hingga 18 Desember bisa bersamaan dengan cuaca panas yang melanda Qatar.

Suhu pada siang hari bulan Desember berada di kisaran 33-34 derajat Celcius dan pada malam hari 26 derajat Celcius

"Cuaca di Qatar mempunyai suhu kisaran di atas 30 derajat Celcius. Ini lebih panas dibandingkan dengan rata-rata suhu cuaca normal Eropa utara. Pemain akan mengoptimalkan fisik mereka demi laga sehingga akan membebani jantung, paru-paru, dan peredaran darah," ujar Jack Wilson, intelektual di bidang olahraga di Porsche Human Performance Centre, dikutip dari ESPN.

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO