Mudahkan Akses Tentang Kebudayaan, Disbudpar Jatim Launching Daksabudaya.com

Mudahkan Akses Tentang Kebudayaan, Disbudpar Jatim Launching Daksabudaya.com Lesli Citra Pertiwi, Sub Koord Perlindungan dan Pengembangan Kebudayaan Disbudpar Jatim, saat menunjukkan tampilan website daksabudaya.com.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - (Disbudpar Jatim) melaunching website daksabudaya.com guna memudahkan masyarakat mengakses tentang kebudayaan.

Website ini memuat 10 jenis seni dan budaya yang dimiliki oleh Jatim. Mulai dari bahasa, tradisi lisan, , adat istiadat, ritus (ritual), permainan tradisional, olahraga tradisional, kesenian, pengetahuan tradisional, dan teknologi tradisional.

Lesli Citra Pertiwi, Sub Koord Perlindungan dan Pengembangan Kebudayaan Disbudpar Jatim mengatakan, website ini bertujuan menyampaikan informasi terkait kebudayaan yang ada di Jawa Timur kepada masyarakat yang lebih luas.

"Jadi aplikasi ini bentuknya web, supaya gampang diakses oleh masyarakat melalui berbagai platform digital seperti Google Chrome, Mozilla, dan lain-lain," terang Lesli, Senin (12/12/22).

Untuk sementara ini, daksabudaya.com masih berupa website, sehingga bisa dibuka melalui internet biasa tanpa harus mendownload.

"Kalau (dalam bentuk) aplikasi khawatirnya tidak bisa menjangkau, dan kadang ada kendala saat men-download," terangnya.

Lesli menambahkan, bahwa ke depan pihaknya akan menambahkan fitur khusus bagi para disabilitas, terutama tunanetra. Yaitu menyediakan fitur suara.

"Kita juga berupaya untuk ditranslasikan dalam bahasa asing," katanya.

"Di aplikasi ini juga ada fitur untuk memperkenalkan data ekonomi kreatif di dalamnya, seperti alamat, nomor hp. Jadi, ketika orang-orang ingin tahu batik atau kuliner setempat, mereka bisa memasarkan produk mereka, sehingga secara ekonomi berpengaruh bagi mereka," terangnya.

Tidak hanya itu, juga ada data SDM sehingga masyarakat yang membutuhkan jasa seniman atau sarana dan prasarana, tinggal mengakses daksabudaya.com. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO