Beri Arahan Kader TP PKK dan Posyandu, Wali Kota Kediri Ajak Kerja Lebih Detail Tangani Stunting

Beri Arahan Kader TP PKK dan Posyandu, Wali Kota Kediri Ajak Kerja Lebih Detail Tangani Stunting Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com memberikan pengarahan kepada TP PKK kelurahan dan kader posyandu bertempat di Ruang Joyoboyo , Senin (12/12/2022).

Dalam paparannya, menyampaikan bahwa posyandu sebagai LKK sejajar dengan PKK. Hal tersebut berdasarkan undang-undang.

Baca Juga: Tingkatkan Ketahanan Paaredi, TP PKK Bersama DP3AP2KB Kota Kediri Gelar Sosialisasi Parenting

"Saya juga siapkan perwali untuk itu. Hal tersebut sangat positif karena kita bisa bekerja sama untuk memecahkan permasalahan sosial," ujarnya.

Wali Kota Abu Bakar berpesan kepada TP PKK dan posyandu untuk bekerja lebih detail lagi dalam menangani stunting. Di mana, angka stunting di Indonesia tergolong tinggi, yakni 24,4 persen.

Menurutnya, kunci dari penanganan stunting ini adalah program yang tepat dan konsisten. Pemerintah Kota Kediri mewajibkan RT mengalokasikan dana Prodamas Plus sebesar 1 juta untuk PKK dan 1-2 juta untuk PMT.

Baca Juga: Luncurkan PKK Sigap, KPwBI Kediri Gandeng Pelbagai Pihak

"Nanti yang memasak PMT ini dari kader posyandu. Jadi tahu gizi apa saja yang diperoleh anak. Kita harus berikan asupan gizi yang sempurna bagi anak-anak di posyandu," pesannya.

Tak hanya itu, Pemkot Kediri melalui dinas kesehatan juga akan memberikan edukasi mengenai gizi kepada orang tua. Harapannya, orang tua memiliki pemahaman yang sama untuk memberikan asupan makanan yang bergizi bagi anak-anak. Sebab, pemkot memiliki komitmen kuat tidak hanya membangun fisik, namun juga sumber daya manusia di Kota Kediri.

"Ke depan untuk menaklukan semua tantangan sumber daya kita harus disiapkan matang. Untuk memenangkan pertandingan gizi anak dan pendidikan harus kita persiapkan matang. Maka dari itu, kita harus bersama-sama menangani hal ini," pungkasnya.

Baca Juga: Pesan Pj Wali Kota Kediri saat Hadiri HKG PKK ke-52

Turut hadir, Kepala Bagian Pemerintahan Imam Muttakin, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Wigati, dan tamu undangan lainnya.

Dalam pembinaan ini, peserta mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan Kota Kediri. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO