Disnakertrans Tulungagung Carikan Solusi Bagi Eks Karyawan Ruko Belga Usai Eksekusi Paksa

Disnakertrans Tulungagung Carikan Solusi Bagi Eks Karyawan Ruko Belga Usai Eksekusi Paksa Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnakertrans) Kabupaten Tulungagung, Agus Santoso saat diwawancarai, Jumat (16/12/2022).

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Pasca eksekusi secara paksa komplek perbelanjaan Belga di pada Rabu (14/12/2022) lalu, berpotensi angka pengangguran semakin bertambah.

Hal ini, menjadi tugas berat bagi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten untuk mencari solusi untuk meminimalisir terjadinya peningkatan pengangguran di wilayahnya.

Baca Juga: Warga Tulungagung Meninggal, Diduga Keracunan Nasi Hajatan dari Blitar

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnakertrans) Kabupaten , Agus Santoso mengungkapkan, saat ini, pihaknya tengah melakukan kajian dan mengusulkan alternatif solusi kepada Bupati , untuk karyawan dampak eksekusi secara paksa 51 ruko yang ada di komplek perbelanjaan Belga.

"Kami akan menghadap bupati untuk mencari solusi dampak dari eksekusi itu, apalagi untuk karyawan yang tidak bisa bekerja setelah eksekusi,” kata Agus kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (16/12/2022).

Menurutnya, alternatif solusi pertama adalah dengan mengusulkan pemberian pelatihan atau kursus kepada eks karyawan Belga.

Baca Juga: Promosikan Judi Online, Selebgram Asal Tulungagung Diamankan Polisi

Setelah itu, rencana berikutnya, ialah memberikan bantuan alat kerja, sehingga, mereka dapat berkarya secara mandiri dan tetap mendapatkan penghasilan.

“Usai mengikuti pelatihan, kami akan bantu dengan alat sehingga tidak kehilangan pekerjaan. Mereka pun dapat mandiri di rumah dan dapat menciptakan lapangan kerja baru,” paparnya

Agus berharap, usulannya dapat diterima oleh Bupati , Maryoto Birowo. Jika tidak, pihaknya mengkhawatirkan, jumlah pengangguran di tahun ini, bertambah 7 persen.

Baca Juga: Diduga Depresi, Seorang Ayah di Tulungagung Tega Bunuh Anak Kandungnya

“Tahun ini angka pengangguran usia produktif di hampir tujuh persen. Sedang tahun lalu masih di angka lima persen koma sekian,” terangnya.

Ia berjanji, dalam waktu dekat, akan segera melakukan interventarisasi jumlah karyawan yang tidak bekerja pasca terjadinya eksekusi ruko Belga.

Pihaknya juga memastikan, karyawan yang terdampak tidak hanya pihak dari Ruko Belga saja, namun juga pada karyawan di Ruko lainnya.

Baca Juga: Polres Tulungagung Tangkap Komplotan Pengedar Narkoba

Apalagi, dengan adanya jumlah puluhan ruko di lokasi tersebut dan mempunyai karyawan, sehingga bukan tidak mungkin ada karyawan lainnya turut terdampak.

“Dampak pengangguran pasca eksekusi lahan Pertokoan Belga bisa dikata mirip dengan (force majeure). Harus ada perlakuan khusus,” katanya (fer/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO