Taushiah pada Haul Kiai Zaky Ubaid, Kiai Asep Resmikan PPAI Az-Zahrah Pasuruan

Taushiah pada Haul Kiai Zaky Ubaid, Kiai Asep Resmikan PPAI Az-Zahrah Pasuruan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, dan Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) serta KH Idris Abdul Hamid juga KH Muzammil Syafii saat peresminan Gedung PPAI Az-Zahrah Pasuruan, Selasa (20/12/2022).Foto: MMA/bangsaonline

PASURUAN, BANGSAONLINE.com – Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, didaulat meresmikan Gedung PPAI Az-Zahrah Pasuruan, Selasa (20/12/2022). meresmikan lembaga pendidikan Islam milik KH tersebut bersama Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf ().

Peresmian Gedung PPAI Az-Zahrah  itu selain ditandai dengan menekan  touch screen juga penandatangan prasasti dan pengguntingan pita.

Baca Juga: Di Hadapan Warga Dawarblandong, Paslon Mubarok Siapkan Program Bedah Rumah Tak Layak Huni

Dalam acara tersebut hadir para habaib dan kiai Pasuruan. Antara lain, KH Idris Abdul Hamid (Gus Idris), putra KH Abdul Hamid Pasuruan dan para kiai lain. Ratusan warga Pasuruan ikut menghadiri acara tersebut.

Acara peresmian gedung PPAI  Az Zahrah itu memanfaatkan momentum Haul ke-13 KH Zaky Ubaid, mertua Kiai dan Haul ke-2 Nyai Hj Zainab, istri Kiai . Kiai Zaky Ubaid semasa hidupnya dikenal sebagai ulama NU kharismatik di Jawa Timur.

Usai peresmian Gedung PPAI Az-Zahrah dan ritual haul, juga didaulat untuk memberikan taushiyah kepada ratusan warga yang hadir.

Baca Juga: Kampanye Perdana, Gus Barra-dr Rizal Langsung Menggebrak Enam Titik Lokasi di Jatirejo

(Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat menggunting pita peresmian Gedung PPAI Az-Zahrah Pasuruan, Selasa (20/12/2022).Foto: MMA/bangsaonline)

Dalam acara itu juga ditampilkan atraksi santri untuk menunjukkan kemampuan membaca , yaitu Fathul Qorib. Selain itu juga para santri yang peunya kemampuan menghafal Hadits dalam Kitab Arbain Nawariyah yang berisi 40 Hadits pilihan.

Baca Juga: Ketum Pergunu Prof Kiai Asep: Ratu Zakiyah Simbol Idealisme Kita

mengaku kagum terhadap kemampuan santri PPAI Az-Zahrah dalam membaca . Karena itu yakin suatu saat PPAI Az Zahrah akan menjadi pesantren maju dan besar.

mengaku siap membantu memajukan lembaga pendidikan yang didirikan Kiai itu sehingga bisa berkembang seperti Pondok Pesantren Amanatul Ummah. “Saya siap membantu. Saya akan buka kunci rahasianya bagaimana mengelola dan memajukan pendidikan. Silakan mengadopsi sistem dan manajemen Amanatul Ummah,” kata

Kini memang memiliki 16.000 santri. Padahal, sewaktu awal mendirikan Amanatul Ummah di Pacet hanya ada 48 santri. 

Baca Juga: Kiai Asep Bentuk Saksi Ganda Mubarok dan Khofifah-Emil, Gus Barra Siap Biayai Siswa Berprestasi

Bahkan kini Amanatul Ummah memiliki santri dari seluruh provinsi Indonesia, disamping luar negeri. Tercatat ada 19 negara yang telah mengirim mahasiswa belajar di Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC) yang didirikan . Para mahasiswa luar negeri itu semuanya beasiswa dari dana pribadi .

“Sekarang sudah punya program S1, S2, dan S3. Untuk S3 dua prodi,” tutur yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

Lulusan Amanatul Ummah juga banyak yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti UI, ITB, Unair, IPB, ITS, UIN, UB, dan lainnya. Juga banyak yang diterima di perguruan tinggi luar negeri, di Amerika Serikat, Belanda, Rusia, Singapura, Malaysia, Mesir, Maroko, Yaman dan negara-negara lain.

Baca Juga: Hadiri Muslimat NU Bersholawat Bersama Habib Syech, Khofifah: Jamaah yang Konsisten Mendoakan Bangsa

"Kalau di Al Azhar Mesir tanpa tes," kata . "Karena kita punya muadalah," tambahnya.

menegaskan bahwa Kiai sangat beruntung karena konsen pada lembaga pendidikan. Kenapa? Selain bermanfaat kepada dirinya pribadi juga bagi masyarakat luas.

“Dari pada jadi anggota DPRD, jauh lebih bermanfaat lembaga pendidikan,” kata kepada BANGSAONLINE usai acara. (MMA).

Baca Juga: Khofifah - Emil Jadi Paslon Nomor 2 Pilkada Jatim, Sarat Makna Optimisme Keberlanjutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO