Bupati Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022

Bupati Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 di Halaman Sarja Arya Racana Mapolres Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023, Forkopimda Kabupaten Pasuruan bersama instansi terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan sebagai sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pengamanan selama natal dan tahun baru.

Apel gelar pasukan Ops Lilin Semeru 2022 yang digelar di Halaman Sarja Arya Racana Mapolres Pasuruan, itu dipimpin langsung oleh Bupati , Kamis (23/12/2022).

Baca Juga: KPU RI dan DPP PKB Bisa Lawan Keputusan Bawaslu RI

Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan operasi lilin semeru 2022 dilaksanakan selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.

"Operasi dilakukan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," ujar Bupati Pasuruan.

Menurutnya, apel gelar pasukan dilakukan sesuai Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam mengantisipasi kerawanan-kerawanan keamanan aksi terorisme dan kebencanaan.

Baca Juga: Polres Pasuruan Gelar Pengukuhan Komite Olahraga Polri

"Nanti fungsinya diantisipasi ke arah bencana alam. Kita mitigasi dan koordinasi dengan BMKG terkait dengan cuaca," ujarnya.

Sementara Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi mengatakan pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah preemtif terkait potensi kerawanan selama operasi lilin semeru 2022. Serta tindakan preventif terkait sterilisasi gereja, penjagaan, dan patroli pada objek vital, khususnya pariwisata.

"Ada beberapa tempat wisata yang juga akan kita amankan, antara lain yang ada di wilayah Tosari itu ada Wisata Bromo, kemudian di daerah Pandaan ada Wisata Cheng Ho, kemudian di Taman Safari Prigen, Kebun Raya Purwodadi, kebun kurma di Sukorejo, dan wisata lainnya," ujar Bayu.

Baca Juga: Siap Amankan Pilkada 2024, Polres Pasuruan gelar Simulasi

Ia menerangkan, ada sebanyak 380 personel yang dikerahkan dalam ops lilin semeru. Terdiri dari seluruh TNI, Polri, pemerintah daerah, termasuk mitra kerja Polri yaitu senkom.

"Mereka di-standby-kan di masing-masing satuan untuk memperkuat apabila ada situasi yang kontingensi yang dibutuhkan, kemudian juga yang kami perlu khusus," bebernya.

Sedangkan untuk keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) dalam pengaturan lalu lintas selama operasi lilin semeru, Satlantas Polres Pasuruan akan melakukan pemantauan di sejumlah titik.

Baca Juga: Satreskrim Polres Pasuruan Bongkar Kasus Pencabulan

"Kita akan memberlakukan pengetatan dan melaksanakan random sampling terhadap kerumunan untuk antisipasi terhadap potensi kerawanan dan kerawanan kemacetan yang mungkin terjadi selama perayaan natal 2021 dan tahun baru 2022," pungkas Bayu. 

Turut hadir dalam apel tersebut, Dandim 0819/Pasuruan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Dan Yonkav 8 Tank, Dan Sub Denpom Pasuruan, Kepala Kejaksaan Negeri Pasuruan, Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan, serta sejumlah kepala OPD dan perwakilan ormas. (maf/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO