Jelang Nataru, Begini Rekayasa Lalin yang Disiapkan Satlantas Polres Pasuruan

Jelang Nataru, Begini Rekayasa Lalin yang Disiapkan Satlantas Polres Pasuruan Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugrah Putra saat meninjau rekayasa lalu lintas di wilayah Gempol.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang perayaan hari raya natal dan tahun baru 2023, Satlantas Polres Pasuruan menyiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik ruas jalan untuk mengantisipasi kemacetan tinggi.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugrah Putra mengungkapkan ada 6 titik simpul kemacetan yang perlu diwaspadai. Yaitu Gerbang Tol Kejapanan, Gerbang Tol Pandaan, Simpang , Kawasan Wisata Prigen, Depot Ayam Goreng Sri Pandaan, dan Jalan Raya Trawas-Prigen.

Baca Juga: Satlantas Polres Pasuruan: Ada 544 Kecelakaan dengan 118 Orang Meninggal Dunia pada Semester I/2024

"Kita berkaca pada tahun lalu di tahun 2022 atau pasca lebaran kemarin," ujar Yudhi saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, pelaksanaan rekayasa buka tutup jalur disiapkan untuk mengantisipasi potensi kemacetan. Dalam penerapannya, satlantas juga akan bekerja sama dengan jasa marga untuk menambah petugas taping e-toll, untuk mengurai kepadatan kendaraan di Gerbang Tol Pandaan maupun di Tol Kejapanan.

"Jika Simpang terjadi kepadatan arus lalu lintas, Gerbang Tol Pandaan akan ditutup dan arus kendaraan akan dialihkan keluar lewat Gerbang Tol Purwodadi," terang Yudhi.

Baca Juga: Resmikan Samsat Smart Thru, Kapolres Pasuruan Bilang Begini

Selain jasa marga, satlantas juga berkerja sama dengan dishub untuk penanganan kemacetan di Simpang . "Kita mengeluarkan dan menambah satu inovasi alat elektonik bernama switch traffic light," ujarnya.

Lewat teknologi tersebut, polisi bisa mengganti lampu merah dan lampu hijau sesuai dengan volume kendaraan yang ada di salah satu arus.

"Misalnya volume kendaraan dari arah Bypass Pandaan sangat padat, itu akan diprioritaskan. Anggota di dalam pos tinggal mengklik alat tersebut dan lampu traffic light otomatis berubah," terangnya.

Baca Juga: H+3 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Pasuruan Naik Hampir 100%

Sementara untuk mengurai kemacetan di Kawasan Wisata Prigen, seperti di , polisi akan memberlakukan one way system di Jalan Raya Prigen.

"Semua mengarah ke atas. Untuk turunnya lewat patung kuda tembus ke Simpang Tiga Plintahan. Sementara kendaraan yang dari arah Trawas Mojokerto ke Prigen akan ditutup, tidak bisa tembus ke Simpang Seno Prigen. Jadi turun dulu ke bawah, tembus Simpang Tiga Kasri Pandaan," tegas Yudhi di sela-sela pengaturan rekayasa lalin di wilayah Gempol.

Sementara untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pengunjung ke Depot Ayam Goreng Sri, polisi akan menutup Simpang Kasri Pandaan. "Jadi harus menunggu kendaraan selesai dahulu untuk memutar keluar," tuturnya.

Baca Juga: Pasang Rambu Larangan Parkir di Bundaran Apollo, Polisi Tindak Tegas Sopir Bandel

Satlantas Polres Pasuruan juga membentuk personel khusus untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang diberi nama tim rajawali yang bertugas mengurai jalan raya. Tim ini bertugas melakukan patroli di jalur-jalur khusus.

"Mendekati akhir tahun baru ini dan diprediksi mulai H-2, yaitu tanggal 23 dan 24 serta tanggal 29 dan 30 akan terjadi peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah Pasuruan ataupun sebaliknya. Jadi kami siapkan juga tim rajawali ini berisi 50 personel turjawali satlantas dan 50 personel dari Satsabhara Polres Pasuruan," pungkasnya. (maf/par/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO