Wali Kota Kediri Tinjau Saluran Air yang Dibangun dengan Prodamas

Wali Kota Kediri Tinjau Saluran Air yang Dibangun dengan Prodamas Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (kiri), saat meninjau saluran air di Kelurahan Pojok. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, meninjau pembangunan saluran air (drainase) di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kamis (29/12/2022).

Pembangunan saluran sepanjang 1.651,95 meter itu menggunakan anggaran Plus dengan kolaborasi dari 49 RT. Titik awal pembangunan di pintu Gerbang Bong Cino dan berakhir di Kaliputih serta Kali Kedak.

Baca Juga: Gelar Acara Jalan Bareng Sindi, Pemkot Kediri Kenalkan Transportasi Umum pada Anak Disabilitas

Saluran air ini salah satu dari total saluran yang dibangun dengan yang sampai tahun ini telah mencapai sepanjang 151.297 meter atau kira-kira jaraknya antara Kota sampai Klaten, Jawa Tengah.

"Terima kasih kepada masyarakat, Pokmas, Pak RT, Pak RW, lurah, dan lainnya yang sudah kolaboratif membangun Kota dengan . Hasil pembangunan ini keren sekali," kata Abu.

Ia mengatakan bahwa pembangunan saluran ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Sebab, dilakukan secara kolaborasi dan bisa menyelesaikan permasalahan kawasan, di mana dulu di wilayah Perumahan Wilis II ini sering terjadi banjir ketika hujan deras.

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

"Ini contoh pembangunan yang terintegrasi. Bagus karena ini menyelesaikan masalah kawasan. Tadi saya tanya ke warga Alhamdulillah sekarang sudah tidak banjir lagi," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pokmas Maju Lancar Kelurahan Pojok, Mulyono, menjelaskan pembangunan saluran air ini dimulai pada bulan September 2022, dan dikerjakan oleh sekitar 92 warga Kelurahan Pojok. Menurut dia, Plus benar-benar membawa banyak perubahan bagi Kelurahan Pojok.

"Alhamdulillah Plus juga membuka lapangan pekerjaan di Kelurahan Pojok. Ini yang kami harapkan bahwa ini ruhnya, karena bisa benar-benar membuat Kelurahan Pojok hidup. Artinya yang kerja dapat upah dan lingkungan kita jadi lebih bagus," jelasnya.

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

Mulyono menambahkan, adanya saluran air ini membawa dampak positif. Khususnya pada saat terjadi hujan deras tidak terjadi banjir di Kelurahan Pojok. Seperti saluran air yang dibangun di RW 7 untuk mengatasi banjir dari arah Bong Cino. Nantinya akan dibawa ke Kali Putih dan ujungngnya di Sungai Brantas.

"Kalau di Kelurahan Pojok ini masih diperlukan mengingat geografis Kelurahan Pojok yang ada gunungnya. Banjir sendiri sudah sangat berkurang dengan pembangunan saluran air ini. Kemarin saat hujan deras juga tidak terjadi banjir," imbuhnya.

Hadir mendampingi wali kota, Kepala Dinas PUPR Kota , Endang Kartika; Kepala Bagian Pemerintahan, Imam Muttakin; Camat Mojoroto, Bambang Tri; Plt Lurah Pojok, Wahyu Artisah; dan jajaran Pokmas Maju Lancar Kelurahan Pojok. (uji/mar)

Baca Juga: Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO