4 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Usai Perayaan Tahun Baru

4 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Usai Perayaan Tahun Baru Asam Urat merupakan salah satu penyakit yang wajib diwaspadai pasca tahun baru. (Pexels)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perayaan malam tahun menjadi momen spesial yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, terdapat sejumlah kegiatan menarik yang bisa dinikmati di pergantian tahun tersebut. Akan tetapi, tidak semuanya menjadi hal baik. Ada juga resiko penyakit usai pesta tahun baru yang wajib diwaspadai..

Hal tersebut kerap terjadi karena Anda cenderung mengabaikan aturan makanan dengan pola sehat, memangkas waktu tidur, dan mengabaikan waktu berolahraga. Apalagi ketika momen liburan yang biasanya menyertai akhir tahun selalu diisi dengan aktivitas seperti berwisata, begadang hingga berkumpul dengan keluarga.

Berikut 4 penyakit yang dapat wajib diwaspadai Anda usai perayaan tahun baru.

1.

Influenza merupakan jenis penyakit menular yang melalui partikel kecil atau droplet dari mulut (air liur) penderita setelah bersin maupun batuk. Beberapa jenis penyakit ini dapat disebabkan bakteri atau infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Ketika pesta pergantian malam tahun baru, Anda akan merayakannya di tempat keramaian yang meningkatkan resiko tertular virus atau bakteri melalui droplet. Salah satu cara untuk mencegahnya dengan menggunakan alat pelindung diri, seperti masker yang berfungsi untuk mengantisipasi risiko tertular dari orang lain.

2.

atau yang lebih dikenal penyakit Asam Urat adalah peradangan sendi yang mempunyai gejala berupa pembengkakan, nyeri mendadak, dan radang sendi. Rasa nyeri yang ada pada penyakit ini biasanya terjadi pada jempol kaki, meski rasa tersebut dapat memengaruhi sendi tubuh yang lain.

Kondisi ini kerap muncul saat meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Kristal asam urat yang tinggi akan menumpuk di dalam jaringan tubuh dan mengakibatkan peradangan pada persendian (artritis).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO