Pemkab Kediri Bakal Bangun Stadion Sepak Bola Bertaraf Internasional di Dekat Bandara

Pemkab Kediri Bakal Bangun Stadion Sepak Bola Bertaraf Internasional di Dekat Bandara Lokasi pembangunan stadion baru Pemkab Kediri di Kecamatan Tarokan. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten bakal segera punya stadion sepak bola baru. Tak main-main, stadion baru yang akan dibangun Pemkab bertaraf internasional. Lokasinya sudah ditentukan di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan.

Pembangunan stadion baru yang lokasinya di barat Sungai Brantas itu akan dimulai bulan Februari 2023 nanti. Stadion yang lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Dhoho itu bakal menjadi homebase dari Laskar Bledug Kelud, sebutan Persedikab .

Baca Juga: Satgas TMMD dan Pemkab Kediri Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting dan Layanan KB

Selama ini, Persedikab memakai , Pare, saat menjalani kandang.

Agus Sugiarto, Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten , mengatakan tahapan pembangunan stadion sudah memasuki proses tender. Ia memperkirakan pembangunan bakal dimulai pada Februari 2023.

"InsyaAllah, pembangunan dimulai kalau tidak di pertengahan, ya di akhir bulan Februari 2023," kata Agus kepada wartawan, Kamis (5/1/2023).

Baca Juga: Inacraft 2024, Pemkab Kediri Angkat Karya Anak Muda

Stadion baru itu akan berdiri di atas lahan seluas 10 hektare. Selain sebagai lapangan sepak bola, Pemkab juga berencana menjadikan stadion itu sebagai gedung multifungsi yang mengusung konsep sport, entertainment, dan business (SEB).

"Jadi di dalam stadion itu nanti terdapat ruang meeting yang didesain dengan menghadap ke arah lapangan. Nantinya kurang lebih terdapat 4 room di sana, dua di sisi timur dan dua lagi di sisi barat. Nantinya juga bisa untuk menggelar konser di lapangan. Namun untuk mengantisipasi rumput rusak, pemerintah telah mengantisipasinya dengan memasang grass cover, sebagai pengaman agar rumput tidak rusak apabila diinjak," bebernya.

Adapun konsep pembangunan stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu mengadopsi perpaduan Stadion Manahan Solo dan Jakarta International Stadium (JIS).

Baca Juga: Serah Terima Kirab Pataka 2024, Pemkab Kediri Maknai Semangat Kebersamaan Warga Jawa Timur

Untuk anggaran, Pemkab telah mengalokasikan sekira Rp150 miliar yang berasal dari APBD tahun 2023.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten , Erfin Fatoni, menambahkan bahwa stadion sengaja dibangun di Kecamatan Tarokan agar dekat dengan bandara.

"Lokasi dan keluasan lahan stadion merupakan lahan pengganti dari lahan Pemkab yang dimanfaatkan untuk bandara oleh pengelola bandara," ujar Erfin. (uji/rev)

Baca Juga: Pjs Bupati Kediri Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO