Granat Aktif Ditemukan di Parkiran Truk di Surabaya

Granat Aktif Ditemukan di Parkiran Truk di Surabaya Petugas menunjuk lokasi granat ditemukan. foto: rusmiyanto/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebuah tangan jenis nanas yang masih aktif ditemukan Senin (25/5/2015) siang di halaman luar bangunan kosong Jl Kalimas Barat 57 Surabaya. Kejadian itu sempat mengegerkan warga sekitar dan membuat arus lalu lintas macet.

Warga sekitar berdatangan untuk melihat lebih dekat temuan . Ini membuat anggota Polsek Pabean Cantikan dibantu Polres Pelabuhan Tanjung Perak menghalau masyarakat dan mengarahkan agar melihat dari kejauhan. Itu dilakukan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Granat hitam dengan kombinasi kuning itu diperkirakan punya daya ledak sangat tinggi, hingga jarak jangkau 100 meter dan dipastikan aktif. Sebab, kancing pemicu tutup yang digunakan untuk fungsi ledakan masih menempel di tersebut.

Awalnya, tersebut ditemukan oleh warga setempat usai air kecil. Tanpa sengaja warga tersebut mengencingi nanas yang masih aktif tersebut.

Merasa yakin itu , lantas warga memberitahukan kepada anggota Intel Kodim 0830/Surabaya yang melintas di lokasi. Setelah itu diteruskan laporan ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Aldy Sulaiman yang datang ke lokasi membenarkan adanya laporan penemuan aktif. Pihaknya langsung terjun ke lokasi untuk melakukan pengamanan dengan memasang garis polisi, agar warga sekitar tidak mendekat.

“Ini jenis nanas. Cara menggunakannya dengan menarik kunci klemnya lantas dilempar. Karena masih aktif, kami langsung melakukan koordinasi dengan tim penjinak bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Jatim untuk proses evakuasi,” tambahnya

Dari pengamatan sementara, tersebut masih tergolong baru. Secara fisik tidak ditemukan karat. Diduga tersebut dibuang oleh seseorang, sekitar malam Minggu (24/5).

Hal tersebut juga diperkuat oleh warga sekitar. Dikatakan oleh beberapa warga, di tempat ditemukannya biasanya dipergunakan untuk parkir truk besar. Beberapa hari lalu Jl. Kalimas Barat 57 terlihat armada yang parkir. Namun sejak Minggu malam tidak terlihat truk yang mangkal di lokasi. (yan/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO