Kendalikan Inflasi Pangan, Pemkot Kediri Gelontorkan 16 Ton Beras Lewat OPM

Kendalikan Inflasi Pangan, Pemkot Kediri Gelontorkan 16 Ton Beras Lewat OPM Warga Kota Kediri saat antre OPM di Halaman Kantor Kecamatan Kota. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri melalui tim TPID menggencarkan operasi pasar murni (OPM) untuk mengendalikan harga bahan pangan pokok, utamanya beras yang kini terus melambung.

OPM digelar TPID Kota Kediri serentak di tiga titik, yaitu di Kantor Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota, dan Kelurahan Bangsal, Rabu (8/2/2023). Operasi pasar murah itu disambut antusias oleh masyarakat. Terbukti, sejak pagi mereka telah antre di lokasi digelar OPM.

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

Dalam OPM tersebut, menggelontorkan sebanyak 16 ton beras dalam kemasan 5 kg yang dijual dengan harga Rp44.000. Adapun syarat untuk bisa membeli beras murah itu adalah ber-KTP Kota Kediri dan dibatasi maksimal 2 pak per orang.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Tanto Wijohari, mengatakan OPM ini dilaksanakan untuk menjaga angka inflasi agar tetap stabil, sebagaimana arahan Wali Kota Abdullah Abu Bakar.

"Total ada 16 ton pasokan beras telah distribusikan di 3 kecamatan hari ini. Perinciannya, 4 ton di Kecamatan Mojoroto, 8 ton di Kecamatan Kota, dan 4 ton Kecamatan Pesantren," ujarnya.

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

Rencananya, nanti tiap kecamatan akan mendapat jatah beras murah sebanyak 8 ton yang didistribusikan oleh bulog. "Sisa 4 ton dari Kecamatan Mojoroto dan Pesantren akan kita distribusikan di OPM berikutnya," ungkapnya.

Sementara untuk jadwal OPM selanjutnya, saat ini dalam pembahasan bersama Sekretaris Daerah Kota Kediri. Ia memastikan saat ini stok beras di Bulog masih melimpah.

Dalam kesempatan itu, Tanto juga mengimbau masyarakat agar berbelanja dan memanfaatkan OPM dengan bijak.

Baca Juga: Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

“Jangan aji mumpung karena ada OPM, lalu masyarakat menggunakannya untuk keuntungan pribadi. Belilah beras secukupnya agar bantuan melalui OPM ini dapat dirasakan seluruh masyarakat Kota Kediri secara merata,” pesannya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kota Kediri Apip Permana juga menyampaikan hal yang sama. Ia meminta berharap warga Kota Kediri untuk belanja secukupnya dan tidak panic buying.

“OPM ini untuk semua masyarakat, jangan panik. Saat ini pemerintah masih berupaya untuk bisa menstabilkan harga dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat,” ujar Apip. (uji/rev)

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO