Operasi Pasar di Gondang Kediri, Beras 1,5 Ton Ludes Diserbu Warga

Operasi Pasar di Gondang Kediri, Beras 1,5 Ton Ludes Diserbu Warga Warga Desa Gondang, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, saat menyerbu operasi pasar murah di halaman kantor pemerintah desa setempat. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten dan Bulog bekerja sama dengan Pemerintah menggelar (OPM), Selasa (14/2/2023). Beras sebanyak 1,5 ton langsung ludes dibeli warga dalam kurun waktu 45 menit. Sementara mereka yang tidak kebagian tampak kecewa.

Kepala Bidang Ketersediaan, Distribusi, dan Kerawanan Pangan DKPP Kabupaten , Ar'bai, mengatakan bahwa saat ini tren kenaikan harga pangan khususnya beras, masih terpantau normal dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Satgas TMMD dan Pemkab Kediri Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting dan Layanan KB

"Temuan kami di pasar dan swalayan, stok komoditas pangan tercukupi. Artinya, kebutuhan terpenuhi. Selain itu permintaan masyarakat tahun ini juga masih stabil belum ada lonjakan signifikan," ujarnya.

Terkait ini, pihaknya memastikan kebutuhan pangan di Kabupaten akan aman hingga pertengahan tahun 2023 mendatang.

"Selain menggelar operasi pasar, kami juga mengadakan bazar murah, seperti pada bulan November dan awal Desember tahun lalu ada total ada 24 titik, dengan harapan agar pangan yang mengalami kenaikan (harga) bisa terkendali," tuturnya.

Baca Juga: Inacraft 2024, Pemkab Kediri Angkat Karya Anak Muda

Dalam operasi pasar ini, bulog menyediakan beras 1,5 ton, minyak goreng 120 liter, dan gula pasir 50 kilogram.

"Beras dijual dengan harga per kilogram Rp8.600, sedangkan gula pasir per kilogram Rp12.500, dan minyak goreng dengan harga Rp14.500 per liter," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala , Nuris Tianto, menyebut operasi pasar ini digelar untuk mengendalikan harga beras yang saat ini naik mencapai kisaran Rp12 ribu per kg.

Baca Juga: Serah Terima Kirab Pataka 2024, Pemkab Kediri Maknai Semangat Kebersamaan Warga Jawa Timur

"Harga di luar hampir mencapai Rp12 ribu. Dengan adanya operasi pasar yang harganya lebih terjangkau, tentunya sangat membantu warga. Untuk itu, kami berterima kasih kepada dinas terkait dari Pemkab ," kata Nuris.

Ia mengungkapkan, operasi pasar dimulai pukul 09.00 WIB dan beras sudah habis pada 09.45 WIB. Antusias warga yang berdatangan di halaman kantor desa sangat banyak.

"Stok habis dan kurang. Ada warga yang tidak kebagian untuk membeli beras," pungkas Kades Gondang itu. (uji/mar)

Baca Juga: Pjs Bupati Kediri Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO