Plafon Ruang Perpus UPT SDN 86 Sumari Gresik Ambrol

Plafon Ruang Perpus UPT SDN 86 Sumari Gresik Ambrol Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah menunjukkan Ruang Perpustakaan UPT SDN 86 Desa Sumari, Kecamatan Duduksampeyan, yang atapnya ambrol. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Plafon Ruang Perpustakaan UPT SDN 86 , Kecamatan , Kabupaten Gresik, ambrol, Selasa (14/2/2023) kemarin.

Ambrolnya plafon tempat penyimpanan buku bacaan itu ditengarai karena lapuk dimakan usia.

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Petrokimia Gresik Berbagi Inspirasi untuk Pelajar di Sekitar Perusahaan

"Iya, plafon Ruang Perpustakaan UPT ambrol. Hari ini saya cek ke lokasi," ucap Wakil Ketua DPRD Gresik kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (15/2/2023).

Menurut dia, ruang perpusatakaan tersebut dibangun antara tahun 2009-2010. Dananya dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK).

"(Pembangunannya, red) Ditender, dibangun oleh rekanan," tuturnya.

Baca Juga: Pastikan Awal MPLS Lancar, Wakil Bupati Gresik Sidak ke Sejumlah Sekolah

Dikatakan dia, pembangunan saat itu meliputi ganti rangka atap total dan genteng. Sebab, kondisi gentengnya saat itu sudah banyak yang rusak.

"Saat ini, kuda-kuda pedot (patah). Reng genteng juga banyak yang patah sehingga banyak genteng berjatuhan," ungkap Sekretaris DPC Gerindra Gresik ini.

Dia merasa prihatin setelah melihat kondisi UPT karena kurang perhatian. "Saya mencoba memperhatikan beberapa kondisi bangunan sekolah yang tampak tua dan lapuk dimakan usia," katanya.

Baca Juga: Syahrul Terkesan dengan Sistem Pembelajaran di SMP Milik Ainun Najib

"Banyak bangunan yang tidak layak, sementara anggaran dari DAK terbatas karena harus bergantian dengan antrean panjang," imbuhnya.

Untuk itu, berjanji akan berupaya maksimal untuk memperjuangkan agar bangunan sekolah yang tak layak segera dilakukan perbaikan.

"Mudah-mudahan saya bisa mengupayakan ada anggaran APBD yang masuk untuk pembanguan sekolah-sekolah yang rusak," harapnya.

Baca Juga: PPDB Gresik 2024, Direktur YLBH FT Ingatkan Orang Tua Jangan Sampai Melanggar Hukum

Dengan kondisi bangunan sekolah yang membahayakan proses belajar mengajar, merasa prihatin dengan guru dan murid saat proses pembelajaran berlangsung.

"Tadi sebenarnya saya tak boleh lihat kondisi ruang perpustakaan yang plafonnya ambrol, karena khawatir genteng jatuh. Makanya, untuk menghindari kejadian tak diinginkan, ruang perpustakaan dikunci," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala , S. Hariyanto, saat dikonfirmasi ambrolnya plafon ruang Perpustakaan UPT SDN 86 berjanji segera cek ke lokasi.

Baca Juga: Nur Saidah Dipastikan Melenggang ke DPRD Gresik, Raih Suara Tertinggi di Dapil 2

"Besok, saya utus (petugas) untuk cek ke lokasi," katanya kepada BANGSAONLINE.com.

Ia mengungkapkan, banyak bangunan sekolah yang kondisi kerusakannya lebih parah dan tak bisa cepat dilakukan perbaikan karena keterbatasan anggaran.

"Memang anggaran terbatas. Makanya, anggaran yang ada untuk skala prioritas," jelasnya. (hud/rev)

Baca Juga: Bangun Bersama Prestasi Siswa, SMAN 1 Cerme Gelar Maulid Nabi dan Parenting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO