Kejari Kota Kediri dan Cabang Dispendik Provinsi Resmikan Rumah Restorative Justice Sekolah

Kejari Kota Kediri dan Cabang Dispendik Provinsi Resmikan Rumah Restorative Justice Sekolah Kajari Kota Kediri, Novika Muzairah Rauf, saat memukul gong ketika peresmian rumah restorative justice sekolah. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota bersama Cabang Dinas Pendidikan Provinsi setempat menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan meresmikan Rumah Restorative Justice Sekolah. Kegiatan ini berlangsung di Aula SMAN 1 Kota , Kamis (16/2/2023).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kajari Kota , Novika Muzairah Rauf, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah , Ramli, yang disaksikan Kasubagbin dan Para Kasi pada Kejari Kota .

Sedangkan untuk peresmian rumah restorative justice sekolah dilakukan secara simbolis oleh Kajari Kota , Novika Muzairah Rauf, dengan pemukulan gong. Kasi Intelijen Kejari Kota , Harry Rachmat, menjelaskan maksud dilaksanakan kesepakatan bersama ini.

Ia mengatakan bahwa agenda tersebut ialah dalam rangka meningkatkan sinergi dan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kerja sama tugas dan fungsi para pihak terkait. Adapun ruang lingkup lesepakatan bersama ini meliputi, penegakan hukum, pertukaran data dan informasi, serta pemberian bantuan hukum.

Lalu, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain di bidang perdata dan tata usaha negara. peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta bentuk kerjasama lainnya yang disepakati bersama. Sedangkan penyelesaian perkara melalui mekanisme penghentian penuntutan berdasarkan Restorative Justice menjadi sarana penyelesaian perkara di luar persidangan.

"Restorative Justice ini, sebagai solusi alternatif memecahkan permasalahan penegakan hukum yang dapat membuka harapan masyarakat untuk memperoleh keadilan yang bisa mencerminkan kedamaian dan harmoni masyarakat, khususnya dilingkungan Sekolah di Kota ," urai Harry. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO