Peduli Pembangunan Pesisir dan Perikanan, Khofifah Raih PWI Maritime Awards

Peduli Pembangunan Pesisir dan Perikanan, Khofifah Raih PWI Maritime Awards

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa meraih penghargaan ‘ ’ dari Persatuan Wartawan Indonesia () Pusat.

Penghargaan ini diberikan kepada Gubernur atas dedikasi dan kepeduliannya yang tinggi terhadap sektor kelautan, perikanan, dan konservasi. Sekaligus, atas komitmen kuatnya dalam membantu pembudi daya ikan, nelayan, UMKM pengolah ikan tradisional, dan pembangunan kawasan konservasi pesisir maupun laut.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Jatim yang mewakili Ketua Pusat kepada Gubernur saat penutupan Seminar Nasional Pemanfaatan Ruang Pesisir dan Laut Provinsi Jatim di Hotel Platinum Surabaya, Kamis (16/2/23).

Atas diraihnya penghargaan ini, Gubernur menyampaikan terima kasih dan apresiasinya bagi seluruh masyarakat nelayan dan pelaku ekonomi di wilayah pesisir Jatim. Menurutnya, mereka memiliki peran kuat dalam mewujudkan pembangunan dan peningkatan kualitas sektor perikanan, kelautan.

“Sejatinya laut adalah sumber penghidupan yang harus kita kelola dan jaga untuk kemakmuran bersama. Bagaimana menjaga keberlangsungan sektor perikanan dan kelautan harus tetap berseiring dengan upaya menjaga daya dukung alam dan daya dukung lingkungan,” katanya.

Gubernur mengatakan, saat ini terdapat berbagai isu strategis di bidang kelautan dan perikanan. Seperti perubahan iklim global dan degradasi sumberdaya pesisir, konflik pemanfaatan ruang laut, serta belum optimalnya pemahaman stakeholders terhadap kepastian hukum.

Untuk itu, Pemprov Jatim melalui dinas kelautan dan perikanan (DKP) terus melakukan berbagai upaya terutama dalam menghadapi perubahan iklim global dan degradasi sumber daya pesisir. Seperti penetapan kawasan konservasi Perairan Gili Ketapang seluas 478 Ha, rehabilitasi terumbu karang seluas 24,84 Ha, rehabilitasi mangrove seluas 1.821,08 Ha, dan pembangunan 11 tangkis laut (tanggul penahan ombak).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO