BI Bersama Pemkot Kediri Gelar Sarasehan Tenun Ikat Kediri

BI Bersama Pemkot Kediri Gelar Sarasehan Tenun Ikat Kediri Kepala KPwBI Kediri, M. Choirur Rofiq, saat memberi keterangan kepada wartawan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mendorong pengembangan UMKM potensi daerah dan mendukung pariwisata Kota , dalam hal ini turut bersinergi mempromosikan tenun ikat , Kantor Perwakilan  bersama Pemkot menggelar Sarasehan Tenun Ikat , Jumat (17/2/2023).

Sarasehan yang digelar di Ruko Tenun Ikat Medali Mas Gang B No. 54C, Jl. KH. Agus Salim, Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota tersebut juga melibarkan anggota Koperasi Bandar Kidul dan awak media.

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

Kepala Kantor Perwakilan , M. Choirur Rofiq, mengatakan, bahwa kegiatan ini (sarasehan) merupakan salah satu program dari dalam rangka untuk mengembangkan industri terun ikat di Kota , khususnya industri terun ikat bandar kidul.

"Kita lakukan sarasehan dengan Pemkot dan rekan-rekan wartawan untuk minta masukan, kira-kira kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas ataupun kuantitas produksi tenun ikat bandar kidul," ujarnya.

Menurut dia, punya program pengembangan tenun ikat bandar kidul itu dari hulu sampai hilir. Artinya dari hulu, ingin bahwa tenun ikat ini nanti produksinya memiliki kualitas yang bagus seperti tenun ikat produksi di daerah lain.

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

Kemudian, lanjutnya, tenun ikat bandar kidul ini diminati oleh masyarakat pada umumnya, entah itu masyarakat kelas menengah ataupun semuanya.

"Kemudian dari sisi hilir, kita coba kembangkan bahwa hasil tenun ikat bandar kidul ini bisa untuk fashion, fashion anak muda, fashion orang tua, ibu-ibu, busana muslim dan sebagainya,"imbuhnya.

Untuk mengembangkan tenun ikat bandar kidul ini, menurut Choirur Rofiq, salah satunya adalah dengan melatih para desainer lokal supaya bisa memanfaatkan tenun tingkat untuk fashion sesuai dengan tren yang sekarang berkembang.

Baca Juga: Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

"Kami harapkan bahwa antara hulu dan hilir sama-sama berkembang kuat sehingga tenun ikat di banda kidul bisa naik kelas,"terangnya.

Dengan akan beroperasi Bandara , masih menurut Choirur Rofiq, tentunya akan semakin memajukan tenun ikat ini. Tenun ikat ini, nantinya bisa dijadikan oleh-oleh khas . Dan diharapkan tingkat penjualan bisa meningkat. Biasanya adanya buah tangan yang khas itu bisa mendukung wisata di daerah.

"Diterangkan Choirur Rofiq, bahwa tenun ikat termasuk Industri kreatif jadi harus ada regenerasi dan bisa ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas. Menenun itu pekerjaan yang sulit, butuh ketelatenan, butuh kesabaran kemudian harus juga punya kreativitas.

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital, Sekda Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kerjasama Kolaborasi Tenaga IT

"Bila tenun ikat ini bisa menjanjikan kesejahteraan, tentu akan menarik minat anak-anak muda untuk menekuni usaha tenun ikat ini. Dan itu yang akan terus didorong oleh ,"pungkas Choirur Rofiq. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO