Kali Lamong Meluap, 5 Desa di Balongpanggang Gresik Terendam

Kali Lamong Meluap, 5 Desa di Balongpanggang Gresik Terendam Banjir akibat luapan Kali Lamong yang merendam rumah warga di Desa Wotansari, Kecamatan Balongpanggang, Gresik. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com yang melintas di , kembali meluap, Minggu (19/2/2023). Akibatnya, sejumlah desa di Kecamatan Balongpanggang, mulai terendam.

"Pagi hari ini sudah ada 5 desa yang kemasukan air luapan ," ucap Camat Balongpanggang, Muhammad Amri, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Minggu (19/2/2023).

Ditegaskan ia, ke-5 desa yang terendam adalah, Desa Dapet, Wotansari, Sekarputih Ngampel, dan Banjaragung

"Ketinggian air yang sudah masuk ke desa-desa tersebut 30 cm. Rata-rata masih merendam area jalan lingkungan dan rumah penduduk. Untuk Desa Banjaragung baru masuk airnya sekitar 5-10 cm di jalan lingkungan," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa, kondisi air meluap lantaran curah hujan tinggi di kabupaten tetangga seperti Mojokerto dan Lamongan.

"Kondisi terkini, debit air masih tinggi dan belum mengalami penurunan dari arah barat ( Lamongan dan Mojokerto," jelasnya.

Saat ini, tambah Amri, daerah sisi barat Balongpanggang sudah mulai terendam. Tepatnya, di area jembatan brak Desa Ngampel.

"Daerah ini biasanya jarang terendam," ungkapnya.

Lebih jauh Amri menambahkan, peluang desa di Kecamatan Balongpanggang yang terendam bertambah dua desa, yaitu Desa Pucung dan Karangsemanding.

"Saat ini, yang menjadi perhatian dan segera siaga adalah Kecamatan Benjeng, Menganti, Kedamean dan Cerme, mngingat saat ini luapan di wilayah Kecamatan Balongpanggang debitnya terus naik," pungkasnya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO