Top! Pelajar SMA dari Jawa Timur Borong Medali Emas di AISEEF IYSA

Top! Pelajar SMA dari Jawa Timur Borong Medali Emas di AISEEF IYSA Sejumlah pelajar dari Jawa Timur yang membawa pulang medali emas di ajang AISEEF IYSA.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pelajar SMA dari Jawa Timur menorehkan prestasi di ajang ASEAN Innovative Science Enviromental and Entrepeneur Fair (AISEEF) yang digelar Indonesian Young Scientist Association (IYSA) pada 10-14 Februari 2023 di Universitas Diponegoro (), Semarang.

AISEEF ialah kompetisi bergengsi tingkat Internasional dalam bidang inovasi, lingkungan dan wirausaha yang diiikuti 15 negara dengan ribuan peserta, seperti Amerika Serikat, Thailand, Korea Selatan, Indonesia, dan Vietnam.

Dalam ajang tersebut, siswa SMAN 10 Surabaya sukses meraih tiga medali emas di dua bidang lomba, yakni kategori Innovative Science and Environmental Science. Inovasi ini yaitu, Spray Anti Nyamuk dari Biji Alpukat untuk medali emas kategori Life Science yang dibuat oleh Ellianne Danette, Rafi Syahputra, Nadia Herlina, Zaftio Apreda, Salsabila Nauraswari dan Khairunnisa Keisha.

Kemudian inovasi yang memperoleh medali emas kategori Innovative yakni Helm Multifungsi Anti Gegar Otak. Karya inovasi ini digagas Dompak Nahason, Belize Salsabila, Chintamy Pamela, Nastiti Hayuning dan Devantyo Yusuf.

Selain inovasi, medali emas kategori Environmental Science melalui penelitian tiga jenis tanaman untuk pengikat karbon monoksida yang dihasilkan polutan, asap rokok dan vapor. Uji efektifitas ini dilakukan oleh Kanafira Vanesha Putri, Nadine Zheekin, Alifia Hamida, Nasywah Mardhiyah, Gandhes Irsyadyah dan Ivan Cahya.

Terkait capaian siswa ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa syukur dan apresiasinya atas prestasi yang terus ditorehkan siswa SMA di Jawa Timur.

Dikatakan Khofifah, inovasi dan penelitian merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan di Jawa Timur. Dengan kultur meneliti dan inovasi ini, Insya Allah akan mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan produktifitas di Jatim.

"Saya mengucapkan selamat untuk anak-anakku atas prestasi yang terus disumbangkan untuk pendidikan di Jawa Timur. Jadilah inspirasi bagi siswa lainnya dan jangan cepat puas dengan apa yang sudah diraih," kata dia.

Dikatakan Khofifah, beberapa waktu lalu inovasi di bidang teknologi dan penelitian dibidang Medicine and Health Science juga telah diraih siswa Jawa Timur. Penelitian dan inovasi ini bahkan bersaing di tingkat internasional. Hal ini menurut Khofifah perlu terus didorong dan dipertahankan. Sebab, kedepan bidang sains akan sangat membutuhkan banyak peneliti dan inovasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO