Dapatkah Kurma Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan? Berikut Penjelasannya

Dapatkah Kurma Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan? Berikut Penjelasannya Dapatkah Kurma Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan? Berikut Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kurma mengandung zat besi, potasium, vitamin B1, B2, A1, dan C yang memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Studi menyebutkan bahwa makan tiga kurma per hari tidak menyebabkan peningkatan indeks massa tubuh (BMI). Artinya bahwa seseorang dapat makan kurma setiap hari tanpa mengalami kenaikan berat badan.

Baca Juga: Resep Risoles Isian Jamur Keju, Ide Camilan Lezat di Rumah

Selain itu, kurma rendah akan skala indeks glikemik meskipun mengandung kadar gula yang tinggi. Hal itu menunjukkan bahwa buah tersebut tidak terlalu memengaruhi kadar gula darah daripada makanan yang mengandung gula lainnya.

Kurma memiliki beberapa kandungan gizi tinggi yang bagus untuk menurunkan berat badan, yaitu:

1. Serat

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 1 Oktober 2024

Kandungan serat yang tinggi dalam kurma dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jika perut terasa kenyang, maka kebiasaan mengemil akan berkurang.

2. Protein

Kurma mengandung protein sehingga sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Protein membantu menjaga massa tubuh yang sehat dan menjaga otot tetap kuat.

Baca Juga: Simak Gejala Kanker Getah Bening Menurut Ahli dan Penyintasnya

3. Lemak tak jenuh

Kurma tinggi akan lemak sehat yang membantu mengurangi peradangan, obesitas, resistensi insulin, dan diabetes. Dengan mengonsumsi kurma, kondisi tersebut dapat terhindari.

4. Antioksidan

Baca Juga: Resep Kue Lapis Lembut dan Lezat

Kurma mengandung antioksidan yang tinggi, seperti fenolat, antosianin, dan karotenoid. Zat tersebut membantu membuang racun dari dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme dan pencernaan.

Antioksidan dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, serta membantu melawan stres dan peradangan.

5. Gula

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 29 September 2024

Gula yang terkandung di dalam kurma merupakan gula alami yang menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Kurma kaya akan saponin, flavonoid, dan fenolat yang merangsang produksi insulin dalam tubuh. Kurma memiliki indeks glikemik rendah sehingga dapat mengatur kadar gula darah tetap stabil.

Seseorang hanya dianjurkan mengonsumsi kurma sekitar 4-6 kurma/hari. Porsi tersebut cukup menahan rasa lapar dan memuaskan kebutuhan rasa manis dalam tubuh.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 28 September 2024

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO