Bupati Kediri Bekali Pelatihan 1.680 Calon Pencari Kerja

Bupati Kediri Bekali Pelatihan 1.680 Calon Pencari Kerja Peserta saat mengikuti pelatihan konten kreator yang digelar Disnaker Kabupaten Kediri. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) calon pencari kerja, Pemerintah Kabupaten melalui dinas tenaga kerja (disnaker) pada tahun 2023 bakal memberikan pelatihan kepada 1.680 warga.

Peningkatan kualitas tenaga kerja dengan kegiatan pelatihan itu menjadi salah satu bagian program dari kebijakan nawa cipta sejahtera untuk menanggulangi kemiskinan di Kabupaten .

Bupati berharap pelatihan tersebut dapat meningkatkan kualitas calon tenaga kerja di Bumi Panjalu yang mumpuni dan berdaya saing.

"Apalagi tahun 2030 nanti Indonesia akan mengalami bonus demografi di mana penduduk mayoritas merupakan usia produktif," kata Hanindhito, Selasa (11/4/2023).

Di sisi lain, beroperasinya bandara pada 2023 ini akan memberikan multiplier effect. Orang nomor satu di Kabupaten itu berharap pada 2023 sampai 2030 nanti terjadi pertumbuhan perekonomian yang eksponensial di Kabupaten .

"Tantangan ke depan ini akan semakin banyak, tidak mungkin kalau tidak dipersiapkan dari SDM-nya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten , Ibnu Imad, mengatakan untuk menjaring warga yang menjadi peserta pelatihan, disnaker selain membuka link pendaftaran juga menerima peserta usulan maupun permohonan yang masuk melalui satuan kerja maupun lembaga lain seperti karang taruna.

"Pelatihan keterampilan kerja kita berbasis kompetensi, dan konsen kita ke pencari kerja," terang Ibnu Imad.

Pelatihan ini bekerja sama dengan lembaga (LPK) dengan waktu pelatihan sesuai bidang pelatihan. Terdapat 21 jenis pelatihan yang akan diadakan, di mana peserta dibagi dalam beberapa angkatan.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO