Beri Santunan di Sampang, Gubernur Khofifah Pesankan Pentingnya Husnudzon pada Allah

Beri Santunan di Sampang, Gubernur Khofifah Pesankan Pentingnya Husnudzon pada Allah Gubernur Khofifah saat memberi santunan untuk anak yatim di Sampang.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur bersama menyalurkan santunan dan pemberian paket tas sekolah bagi 500 anak yatim piatu di Pendopo Trunojoyo, , Rabu (19/4/2023). Agenda tersebut merupakan safari ramadhan ke-12 bersama Gubernur .

Tidak hanya itu, turut pula diserahkan bantuan zakat produktif untuk 50 pelaku usaha ultra mikro dalam kegiatan yang juga dihadiri Bupati , Slamet Junaidi, Ketua , Ketua MUI , Wakil Bupati , dan Forkopimda setempat. 

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DP HKTI Jatim, Khofifah Bertekad Wujudkan Smart Village dan Sejumlah Program

Kepada para hadirin, gubernur berharap derma yang diserahkan dapat menambah kebahagiaan jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Untuk itu, ia mengajak para anak yatim dan para pelaku usaha ultra mikro untuk selalu berprasangka baik (Husnudzon) kepada Allah SWT, karena akan datang kebahagiaan dan keberkahan jika melakukannya. 

“Anak-anak bahagia tidak hari ini? Ibu-ibu semua bahagia tidak hari ini? Ana 'inda dhonni 'abdi bi. Kalau anak-anak memprasangkakan kebahagiaan, maka Allah akan menurunkan kebahagiaan bagi kita semua. Maka kunci kebahagiaan adalah berbaik sangka kepada Allah,” ujarnya.

Baca Juga: Fadli Zon Lantik Pengurus DPD HKTI Jatim, Khofifah Dorong Gerakan Kembali ke Desa

mengatakan, santunan anak yatim ini kerap dilakukannya di berbagai kesempatan dan acara. Tidak hanya di Bulan Suci Ramadhan, tapi juga di hari -hari lainnya. Namun ketika Bulan Suci Ramadhan intensitasnya semakin ditingkatkan.

“Banyak keutamaan mencintai anak yatim ini. Orang yang mengasuh anak yatim akan berdekatan dengan Rasulullah SAW di surga kelak seperti dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pun turut berpesan kepada para anak yatim untuk optimis dalam meraih cita-citanya. Apalagi di Bulan Suci Ramadhan, segala doa dan harapan insyaAllah diijabah oleh Allah SWT.

Baca Juga: Di Haul ke-13 KH Ahmad Zamachsyari, Khofifah Didoakan Lanjutkan Pimpin Jawa Timur

“Anak-anakku semua, ada yang punya cita-cita jadi gubernur atau mentri? Ada yang ingin jadi Bupati? Ada yang bercita-cita jadi TNI dan Polri?, Mudah-mudahan doanya diijabah Allah apalagi ini Bulan Suci Ramadhan,” katanya.

Ke depan, Gubernur meminta agar Bupati mengusulkan kepada untuk program Z Chicken. Program Z Chicken ini sendiri, merupakan program bantuan usaha dari Baznas berupa pemberian gerobak, bahan baku serta pelatihan pembuatan produk.

“Program Z Chicken itu ayam crispy lengkap gerobaknya, lengkap pelatihannya, lengkap modal awal. Jadi mereka harus dipandu misal tepungnya harus jenis yang sama termasuk ayamnya. Termasuk cara memasak dan menggorengnya,” katanya.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

“Tidak hanya Z Chicken, Baznas juga memiliki program Satu Keluarga Satu Sarjana. Kami berharap program ini bisa diakses oleh banyak masyarakat kurang mampu. Karena keluarga kurang mampu mereka juga harus memiliki cita-cita,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, ada momen menarik ketika Gubernur mengapresiasi grup sholawat Nurul Hidayah asal Kab. yang tampil dalam acara ini. Menurutnya, anak-anak muda ini memiliki potensi yang luar biasa bila terus dikembangkan.

“InsyaAllah mereka akan kami undang saat acara Takbiran di Masjid Al Akbar Surabaya. Potensi anak muda ini harus kita promosikan,” katanya.

Baca Juga: Hari Batik Nasional 2024: Khofifah Ajak Masyarakat Bangga Berbatik

“Mudah-mudahan puasa kita diterima Allah, tadarus, zakat, infaq dan sodaqoh kita diterima Allah SWT. Mudah-mudahan di akhir Ramadhan, Allah ampuni dosa-dosa kita sehingga kita semua masuk golongan hamba Allah yang dijauhkan dari api neraka,” pungkasnya.

Di sisi lain, Ketua Baznas Provinsi Jawa Timur Drs. KH. Roziqi, MM mengatakan, kehadiran Gubernur di ini tentunya akan memberikan kebahagiaan bagi masyarakat .

Baca Juga: Khofifah-Emil Disambut Ulama PWNU Jatim, Bahas Keumatan hingga Peningkatan Kualitas SDM

“Untuk itu kami ingin anak yatim yang hadir disini ikut mendoakan Ibu Gubernur sehat, kemudian Jatim jadi provinsi yang aman sejahtera dan provinsi terbaik diantara provinsi yang lain. Dan semoga jadi kabupaten yang sejahtera dan angka kemiskinannya bisa semakin berkurang,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Slamet Junaidi mengatakan bahwa Pemkab sendiri juga rutin memberikan santunan bagi anak yatim. Di Bulan Ramadhan ini juga Pemkab telah mengumpulkan 1.000 anak yatim di pendopo. Menurutnya bila menyayangi anak yatim, insyaAllah Allah juga akan menyayangi kita.

“Terimakasih atas kehadiran dan perhatian Ibu Gubernur. Saya mewakili masyarakat Kab. konsisten ikut membangun Jatim lebih baik. Banyak karya prestasi Ibu Gubernur, semoga ke depan sinergi antara Pemprov Jatim dan Pemkab tetap berjalan dengan baik termasuk penyelesaian konflik sosial di Kab. ,” pungkasnya. (dev/mar)

Baca Juga: Bersama Karyawan PT Kedawung, Khofifah Dukung dan Lindungi Industri Manufaktur Penyerap Tenaga Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO