Ponpes Al-Falah dan Ponpes Centong di Kediri Salat Id Bareng Muhammadiyah

Ponpes Al-Falah dan Ponpes Centong di Kediri Salat Id Bareng Muhammadiyah Ustadz Muhammad Jauhari Arif, saat memimpin salat id di Lapangan SDN Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - dan di Kediri salat id bareng , Jumat (21/4/2023) hari ini. Padahal, selama ini dikenal adalah ponpes NU.

Gus Abid Umar Faruq, salah satu anggota keluarga besar Pondok Pesantren Al Falah mengatakan pesantrennya memutuskan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri 2023 jatuh pada hari ini, Jumat, 21 April 2022.

Baca Juga: Khofifah: Terima Kasih Kontribusi Muhammadiyah dalam Peningkatan Kualitas SDM

Hal itu karena Ponpes Al Falah Ploso, menggunakan metode hisab imkanur ruqyah atau menggunakan hisab. Akan tetapi melihat hilal harus di atas ufuq, minimal sudah lebih dari 2 derajat.

Meski berbeda dalam melaksanakan solat id, pria yang juga Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor tersebut mengimbau agar masing-masih pihak saling menghormati. Mengingat, potensi 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh di hari yang berbeda.

"Masyarakat harus saling menghargai, baik yang meyakini Hari Raya Idul Fitri Hari Jumat maupun Sabtu," katanya.

Baca Juga: Khofifah-Emil Sowan ke Muhammadiyah

Sekadar informasi, warga merayakan idul fitri hari ini. Termasuk warga di Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, mulai pukul 05.30 WIB sudah berbondong-bondong mendatangi tempat sholat id di halaman SDN Wonosari.

Giman, salah satu panitia, mengatakan pihaknya melaksanakan solat id hari ini sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H.

Menurutnya, yang mengikuti sholat id kali ini tidak hanya warga Wonosari, tapi juga ada warga desa/kecamatan tetangga seperti dari Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah.

Baca Juga: Muhammadiyah Sambut Baik Kedatangan Paus Fransiskus, Haedar Nasir: Kerukunan Islam-Katolik

"Yang ikut sholat id hari ini termasuk para pemudik, terutama pemudik dari Jakarta," kata Giman, Jumat (21/4/2023).

Dari pantauan BANGSAONLINE.com, memang terlihat beberapa mobil berplat nomor B masuk ke halaman SDN Wonosari. Selain itu, juga tampak memantau jalannya sholat id, petugas kepolisian dari Polsek Pagu.

Ternyata tidak hanya warga saja yang melaksanakan sholat id, hari ini (Jumat, 21/4/2023). (uji/ns)

Baca Juga: Pilkada Gresik 2024, PAN Usulkan Ketua PDM Dampingi Syahrul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO