Forda Jatim, Gubernur Khofifah Optimis Olahraga Rekreasi Jadi Penguat Kearifan Lokal Bumi Majapahit

Forda Jatim, Gubernur Khofifah Optimis Olahraga Rekreasi Jadi Penguat Kearifan Lokal Bumi Majapahit Gubernur Khofifah saat membuka gelaran Forda Jatim di Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur mendukung penuh Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) yang diikuti 2.200 penggiat olahraga masyarakat. Menurut dia, kegiatan tersebut akan menjadi wadah pemersatu keberagaman, kearifan lokal, dan berbagai tradisi yang menjadi bagian dari kekayaan budaya Bumi Majapahit.

"Setiap ajang pertemuan kearifan budaya seperti ini mari kita jadikan sebagai momentum untuk menguatkan tradisi di masing-masing daerah agar bisa terus ditumbuhkembangkan dengan berbagai format," ujarnya saat membuka ajang yang melombakan 109 jenis olahraga itu di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri , Sabtu (27/5/2023).

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DP HKTI Jatim, Khofifah Bertekad Wujudkan Smart Village dan Sejumlah Program

memaparkan, dalam Forda diperlombakan jenis olahraga yang telah tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah sejak lama. Jenis olahraga yang berangkat dari tradisi lokal ini sebagian juga telah berkembang menjadi olahraga modern yang digemari masyarakat. Ia pun yakin bahwa olahraga rekreasi yang dilombakan akan menguatkan nilai kearifan lokal.

"Ini waktunya kita memanggil memori masyarakat bahwa ada permainan tradisional dan olahraga tradisional yang bersifat rekreatif dan bisa membahagiakan, menyehatkan, sekaligus membangun sportivitas di antara kita semua," lanjutnya.

Baca Juga: Fadli Zon Lantik Pengurus DPD HKTI Jatim, Khofifah Dorong Gerakan Kembali ke Desa

pun menekankan bahwa beberapa jenis olahraga belum tentu dikenali oleh semua peserta. Sebab, hal tersebut merupakan tradisi khas dari suatu daerah tertentu. Karena itu, Forda juga menjadi sarana untuk memperkenalkan kembali olahraga rekreasi yang berasal dari kekayaan tradisi lokal.

"Ini wadah bagi kita untuk terus mengenalkan kekayaan budaya, tradisi tak benda. Dimana pun memungkinkan untuk dikenalkan, maka kenalkan, dimana dimungkinkan untuk ditunjukkan, sosialisasilan. Dimana memungkinkan untuk dikembangkan, maka kembangkanlah," ajaknya.

Dalam kesempatan itu, gubernur juga mengapresiasi perkembangan KORMI di Jatim dalam dua tahun terakhir yang cukup cepat. Dari 38 kabupaten dan kota di, saat ini sudah terbentuk 21 KORMI kabupaten dan kota yang telah dikukuhkan kepengurusannya.

Baca Juga: Di Haul ke-13 KH Ahmad Zamachsyari, Khofifah Didoakan Lanjutkan Pimpin Jawa Timur

Di bawah naungan , terdapat 44 cabang organisasi olahraga masyarakat (COOM) dari 85 COOM yang tercatat di KORMI nasional. Tahun lalu, Jawa Timur telah mengirimkan 708 orang penggiat olahraga masyarakat untuk ikut serta dalam Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) V di Palembang, Sumatera Selatan.

"Provinsi Jawa Timur mengirimkan 708 penggiat olahraga masyarakat di ajang Fornas V di Palembang Sumatera Selatan. Alhamdulillah Jatim berada di urutan kedua dalam perolehan medali setelah tuan rumah. Tim Trompah Panjang dan Gobak Sodor juga menjadi terbaik nasional," kata .

Dari 109 jenis olahraga yang dipertandingkan terbagi menjadi tiga komisi. Pertama, komisi Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) seperti layang-layang, panah tradisional, sepeda tua, hingga olahraga tradisional seperti hadang atau gobak sodor, balap trompah panjang, dan balap egrang.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Kedua adalah komisi Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT), seperti breakdance, skateboard, airsoft gun, orientering mencari lokasi dengan membaca peta, hingga binaraga tradisional. Ketiga adalah komisi Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK) seperti senam hingga dansa.

Pembukaan Forda I Jatim ini ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman; Wali Kota , Sutiaji; Dewan Penasehat , Sri Untari Bisowarno; dan Ketua , Hudiyono. berharap agar ajang ini dapat menjadi forum kebersamaan dan pembangunan sportivitas baru.

"Atas nama kebersamaan, persaudaraan, dan pembangunan sportivitas kita, maka Forda pertama mari kita buka bersama dengan membaca Basmalah, Bismillahirrohmanirrohim. Semoga bisa memberikan penguatan dan sportivitas selama Forda ini berlangsung," pungkasnya. (dev/mar)

Baca Juga: Hari Batik Nasional 2024: Khofifah Ajak Masyarakat Bangga Berbatik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO