UI Sediakan 450 Sepeda Listrik Guna Jaga Kualitas Udara di Area Kampus

UI Sediakan 450 Sepeda Listrik Guna Jaga Kualitas Udara di Area Kampus UI Sediakan 450 Sepeda Listrik Guna Jaga Kualitas Udara di Area Kampus. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - (UI) bersama PT Beam Mobility Indonesia menyediakan sepeda listrik Beam Rover di area UI Kampus . Launching penyediaan layanan sepeda listrik ini diadakan di Taman Lingkar Perpustakaan UI.

Peluncuran Beam Rover merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh Rektor UI, Ari Kuncoro dan Presiden Director/CEO PT Beam Mobility Indonesia, Alan Julian Jiang.

Baca Juga: Cara Membuat Nagasari Totol, Kue Tradisional yang Populer

Kerjasama ini merupakan wujud komitmen UI untuk menciptakan lingkungan belajar yang berkelanjutan, inovatif serta selaras dengan perkembangan teknologi.

Dedi Priadi selaku Wakil Rektor Bidang SDM mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan langkah maju untuk mewujudkan visi UI dalam memperbaiki layanan mobilitas di kampus sekaligus memperlihatkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan.

Pemanfaatan teknologi sepeda listrik ini memberikan alternatif transportasi yang efisien, hemat waktu, dan berkelanjutan bagi para mahasiswa, dosen dan staf UI.

Baca Juga: Benarkah Jintan Hitam Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

"Saya yakin kerjasama ini akan memberikan dampak positif yang besar. Selain memberikan alternatif mobilitas yang praktis, Beam Rover dapat mengurangi emisi karbon di lingkungan kampus, mengurangi kemacetan, serta mendorong budaya berkelanjutan yang membawa manfaat jangka panjang bagi kita semua", tutur Dedi.

Beam Rover telah diujicoba di kawasan kampus UI sejak 25 Mei 2023. Untuk peluncuran pertama, terdapat 450 unit sepeda yang dioperasikan di 42 titik parkir yang tersebar di seluruh kawasan UI. Beam Rover mempunyai batas kecepatan maksimal 25 km/jam yang dilengkapi dengan baterai cadangan dan fitur teknologi Internet of Thing (IoT).

Kondisi sepeda listrik tersebut dapat dimonitor secara real-time melalui aktivasi geofencing sehingga jika terjadi permasalahan seperti diperlukan penggantian baterai, dapat terdeteksi secara otomatis.

Baca Juga: Resep Ubi Panggang Keju, Cocok untuk Jaga Kadar Gula Darah

Terkait keamanan sepeda listrik tersebut, pihak Beam Mobility telah membentuk BEAM Rapid Response Ranger sebagai tim yang secara khusus membantu pengguna mengoperasikan armadaa di kawasan UI.

Beam Rover beroperasi pada pukul 05.00-23.00 WIB di sekitar kawasan UI. Untuk mengoperasikannya, pengguna cukup mengunduh aplikasi Beam di App Store atau Google Play dan menemukan sepeda listrik terdekat melalui aplikasi.

Setelah itu, aplikasi dapat memindai kode QR dan mengikuti petunjuk di dalamnya untuk membuka kendaraan. Adapun pembayaran untuk penggunaan layanan ini dapat dilakukan dengan kartu kredit dan debit, atau metode pembayaran lainnya.

Baca Juga: Resep Mi Godog Jawa, Cocok Disantap Malam Hari

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO