Mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Ekonomi UM Sosialisasi Literasi Keuangan bagi PKK Desa Permanu

Mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Ekonomi UM Sosialisasi Literasi Keuangan bagi PKK Desa Permanu

MALANG, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Ekonomi gelombang I melakukan sosialisasi literasi keuangan bagi anggota PKK , Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Kegiatan yang dilaksanakan di GOR Sindhu Wongso, balai desa setempat, pada Jumat (17/3/23), itu dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan yang efektif di lingkup keluarga, khususnya bagi anggota PKK.

Baca Juga: Mahasiswa Demo ke KPU Kota Malang, Tolak Calon Kepala Daerah Eks Narapidana

"Ya, kami menilai pengelolaan keuangan yang efektif untuk mencegah kesulitan keuangan dalam keluarga sangat penting. Itu sebabnya, kami mahasiswa PPG pra jabatan gelombang satu Pendidikan Ekonomi dari mengadakan sosialisasi literasi keuangan bagi ibu-ibu PKK di Pakisaji," ujar Ardiek Novan Fratikto, ketua pelaksana acara kepada BANGSAONLINE.com.

Dijelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian akademik yang dilakukan mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Ekonomi () sebagai upaya menumbuhkan kesadaran pengelolaan keuangan secara efektif pada kelompok PKK .

"Kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Ekonomi () merupakan bagian yang terintegrasi pada mata kuliah Proyek Kepemimpinan II," terang Ardiek.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat, OJK Kediri akan Gelar Financial Festival 2024

Kegiatan edukasi yang diangkat oleh mahasiswa PPG Prajabatan Ekonomi () menyasar kaum perempuan tepatnya pada kelompok PKK Permanu.

"Keterampilan perempuan di Indonesia dalam mengelola keuangan di lingkungan keluarganya sudah cukup baik, tetapi dalam wawasan aspek inklusi keuangan perlu ditingkatkan," ungkap Ardiek.

Baca Juga: Beri Fleksibilitas bagi Mahasiswa Pascasarjana, Fakultas Sastra UM Punya Program Kuliah Paruh Waktu

Sementara itu, Prof. Dr. Imam Mukhlis selaku pembina mata kuliah proyek kepemimpinan II, sekaligus Kepala Departement Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis () mengatakan, sudah menjadi keniscayaan dan tanggung jawab bersama untuk mengaplikasikan teori yang didapat dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan kepada masyarakat, sehingga mahasiswa menjadi bagian dari agen perubahan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Ekonomi berkolaborasi dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Malang dan Perusahaan Pengelola Dana Investasi yaitu HP Asset Management Surabaya sebagai narasumber acara.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut berdampak positif pada kompetensi kelompok PKK Permanu, tidak hanya dari segi pengelolaan keuangan tetapi juga inklusi keuangan. (asa/ns)

Baca Juga: Diresmikan Bupati Malang, Rabat Beton Ruasan Maduarjo-Pakisaji Diharapkan Majukan Perekonomian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO