Tata Kelola CSR Petrokimia Gresik Raih Top CSR 2023 Bintang 5

Tata Kelola CSR Petrokimia Gresik Raih Top CSR 2023 Bintang 5 SVP Umum Petrokimia Gresik, Jogi Krisdianto (tiga dari kiri), saat penerimaan penghargaan Top CSR 2023. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com kembali mendapatkan skor sempurna, yakni Top CSR 2023 #Stars 5. Penghargaan tertinggi di ajang Top CSR Award ini buah kerja keras perusahaan dalam mengimplementasikan tata kelola Corporate Social Responsibility (CSR).

Direktur Utama , Dwi Satriyo Annurogo, juga kembali dinobatkan sebagai TOP LEADER on CSR Commitment 2023. Senior Vice President (SVP) Umum , Jogi Krisdianto, mewakili direksi menerima penghargaan tersebut di Jakarta.

Baca Juga: Menperin RI Apresiasi 2 Rintek Petrokimia Gresik

Dwi menjelaskan, CSR merupakan implementasi dari komitmen untuk maju bersama masyarakat, sehingga tercipta hubungan harmonis. Perusahaan menyadari, keberlangsungan bisnis selama 51 tahun ini tidak lepas dari dukungan masyarakat, yang keberadaannya kini berdampingan langsung dengan .

"Implementasinya, program CSR banyak melibatkan kelompok masyarakat, ibu-ibu, generasi muda yang ada di sekitar perusahaan. Dan semangat utama dari berbagai program CSR adalah memberdayakan masyarakat agar mandiri secara sosial, ekonomi dan lingkungan," ujarnya, Selasa (13/6/2023).

Ia menyebut, program CSR dirumuskan dengan melihat kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Sehingga keberadaannya benar-benar dirasakan manfaatnya secara berkelanjutan.

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

"Agar manfaat yang dirasakan benar-benar nyata, kami dalam setiap program CSR juga melakukan pendampingan, monitoring dan evaluasi, sampai penerima manfaat bisa mandiri dalam pengelolaannya," tuturnya.

Adapun salah satu program CSR andalan yang mengantarkan raihan Stars 5 antara lain, Program Literasi atau Lingkungan Peternakan Sapi Terintegrasi.

Kegiatan CSR ini mengoptimalkan keberadaan para peternak sapi yang ada di Desa Sumbersari, Kabupaten Lamongan dengan pemberdayaan masyarakat dari hulu hingga ke hilir, yaitu membangun eksosistem smart agrobisnis yang mampu menciptakan solusi resiko pertanian dan peternakan melalui asuransi dan tabungan berbasis limbah.

Baca Juga: Di AIGIS 2024, Petrokimia Gresik Raih Apresiasi Industri Hijau dari Menperin

"Literasi juga mendukung keberlanjutan perusahaan dikarenakan dalam kegiatannya terdapat pemanfaatan produk perusahaan baik produk pupuk maupun nonpupuk dan adanya transfer pengetahuan masyarakat atas pemanfaatan limbah kotoran untuk menjadi media tanam organik," urai Dwi.

Sementara itu, penghargaan Top CSR Awards diberikan kepada perusahaan dengan 5 tingkatan star, yang dinilai berdasarkan keselarasan inisiatif CSR terhadap strategi bisnis perusahaan.

Kemudian, tingkat adopsi kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010 Social Responsibility, sistem tata kelola CSR, tingkat adopsi CSR terhadap konsep CSV (Creating Shared Value atau berbagi manfaat bersama dengan para pemangku kepentingan) dan adanya program CSR unggulan yang dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain.

Baca Juga: Dampingi Jokowi Resmikan Smelter Freeport di Gresik, Pj Adhy Karyono Optimis Dongkrak Perekonomian

Sebelumnya, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia itu juga mendapatkan Stars 5 di ajang yang sama tahun 2022. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO