Jelang Idul Adha 2023, Pemkab Kediri Turunkan Tim Kesehatan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha 2023, Pemkab Kediri Turunkan Tim Kesehatan Hewan Kurban Agus Mujiono saat mendampingi tim pelayanan kesehatan hewan memeriksa salah satu hewan kurban. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jelang Idul Adha, Pemkab melalui dinas ketahanan pangan dan peternakan (DKPP) menurunkan tim pelayanan kesehatan hewan kurban. Kegiatan tersebut menyasar sejumlah pasar hewan dan tempat penjualan milik masyarakat di Kabupaten .

Salah satu tempat perdagangan hewan (sapi dan kambing) yang dikunjungi Tim Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten adalah tempat penjualan sekaligus peternakan milik Agus Mujiono di Dusun Joho, Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten .

Baca Juga: Satgas TMMD dan Pemkab Kediri Gelar Penyuluhan Pencegahan Stunting dan Layanan KB

Yhuni Ismhawati, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, DKPP Kabupaten , mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, tidak ditemukan satu  pun hewan ternak milik Agus Mujiono yang terindikasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Menurut Yhuni, pihaknya melakukan pemeriksaan hewan ternak ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha 2023 ini.

"Jadi, sebelum hewan sapi atau kambing disembelih untuk kurban, maka kami ingin memastikan bahwa hewan-hewan tersebut dalam kondisi sehat dan layak untuk kurban," kata Yhuni, Senin (19/6/2023).

Baca Juga: Inacraft 2024, Pemkab Kediri Angkat Karya Anak Muda

Setelah melakukan pemeriksaan hewan di peternakan milik Agus Mujiono, tim akan melanjutkan pemeriksaan hewan di sekitar wilayah Ngasem dan daerah lainnya.

"Sebelumnya, kami juga sudah melakukan pemeriksaan hewan di sejumlah pasar hewan seperti Pasar Hewan Pare, Ngadiluwih, dan Grogol," imbuh dia.

Ditambahkan Yhuni, bahwa pemeriksaan yang utama adalah pemeriksaan fisik hewan. Dari kondisi fisik, bisa diketahui apakah hewan itu sehat atau menunjukkan gejala sakit.

Baca Juga: Serah Terima Kirab Pataka 2024, Pemkab Kediri Maknai Semangat Kebersamaan Warga Jawa Timur

Kalau hewan itu sehat, lanjutnya, ditandai dengan gerak yang aktif, tidak demam, tidak ada lelehan yang keluar dari mata dan hidung, maupun mencret. Dilihat dari bulunya yang tampak mengkilap, menunjukkan bahwa hewan itu sehat.

"Hasil pemeriksaan sampai dengan hari ini (Senin, 19/6/2023) yang dilakukan di pasar hewan dan tempat penjualan hewan kurban, tidak ditemukan hewan yang terindikasi penyakit, utamanya penyakit PMK dan LSD (Lumpy Skin Disease)," pungkasnya.

Sementara itu, Agus Mujiono mengaku senang dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim kesehatan hewan dari Pemkab ini.

Baca Juga: Pjs Bupati Kediri Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pilkada 2024

"Alhamdulillah, setelah diperiksa, hewan ternak sapi dan kambing di peternakan kami, dinyatakan sehat semua," kata Agus.

Menurut Agus, menjelang Idul Adha 2023 ini, permintaan hewan kurban yang banyak adalah jenis sapi. Sementara untuk kambing ada permintaan tapi sedikit menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

"Harga hewan di tempat kami, untuk sapi berkisar antara Rp20 juta sampai Rp40 juta per ekor. Sedang untuk kambing antara Rp2,5 juta sampai Rp7,5 juta per ekor," kata Agus. (adv/pkp)

Baca Juga: Polisi Tahan Pelaku KDRT di Kediri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO