Bertemu Pengurus PPDI, Mas Dhito Sampaikan Tiga Pesan Penting Bagi Perangkat Desa

Bertemu Pengurus PPDI, Mas Dhito Sampaikan Tiga Pesan Penting Bagi Perangkat Desa Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ada tiga pesan yang disampaikan Bupati Himawan Pramana saat bertemu dengan pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kediri di kantor pemkab setempat, Senin (19/6/2023) kemarin.

Salah satunya, bupati meminta perangkat desa di Kabupaten Kediri untuk komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab, ia mengaku menerima banyak keluhan terkait pelayanan, termasuk di tingkat pemerintahan desa.

Baca Juga: Partai Golkar Kediri Konsolidasi Internal Pemenangan Pilkada 2024

"Perangkat desa wajib memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," tegas Putra Menseskab Pramono Anung tersebut.

Selanjutnya, bupati yang karib disapa tersebut juga meminta pemerintah desa menggenjot kinerja dan terus berinovasi. Hal itu juga ia terapkan kepada setiap kepala OPD demi mendorong percepatan pembangunan.

"Bagi mereka yang bekerja baik dan jujur pun dipastikan bakal mendapatkan reward," katanya.

Baca Juga: Kampanye di Kecamatan Kepung, Dhito Dipuji Sebagai Pemimpin Pengayom Petani

Untuk itu, ia berharap pemerintah di tingkat desa juga menerapkan hal serupa.

"Di bawah kepemimpinan kepala desa, perangkat desa harus bisa memetakan potensi desanya untuk membangun desa, jadi tidak melulu segala sesuatunya itu datang dari pimpinan," ungkapnya.

Menurutnya, program pembangunan yang digagas pemerintah tidak akan sukses tanpa ada sinergi dari pemerintah desa. Baik itu program di sektor pendidikan, infrastruktur, maupun yang lain. 

Baca Juga: Miliki Capaian Kinerja yang Bagus, Relawan P2K Optimis Dhito-Dewi Menangi Pilkada Kediri

"Perangkat desa juga harus bisa menyampaikan program-program pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri," tuturnya.

Menanggapi pesan dari Bupati , Sekretaris Manon Kusiroto menyatakan pihaknya siap bersinergi untuk menyukseskan program pemerintah, baik pusat maupun daerah.

"Kami siap menyukseskan misi Mas Bup () untuk memajukan desa supaya dapat cepat terealisasi," ucapnya.

Baca Juga: Program Pelatihan Santri yang Digagas Bupati Kediri Diapresiasi Pengasuh Ponpes

Terkait dengan pelayanan, Manon menyebut SDM yang ada di pemerintah desa sangat beragam. Ada yang berasal dari angkatan 70-an, 90-an, bahkan 2000. Kondisi tersebut menjadikan tidak semua perangkat bisa mengikuti apa yang menjadi tuntutan pelayanan saat ini.

"SDM ini sangat beragam, kalau disinkronkan dengan kebutuhan sekarang memang banyak teman-teman yang tidak bisa mengikuti," bebernya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, melakukan program bimbingan teknis (bimtek) baik dalam bidang pelayanan, leadership, termasuk persoalan hukum.

Baca Juga: Bekali Keterampilan Santri, Pemkab Kediri Beri Pelatihan Kerja di Ponpes Al-Ishlah

"Untuk mendukung program tersebut, PPDI berharap suport dari pemerintah daerah," pungkasnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO