Kapolres Malang Berikan Apresiasi Awak Satkamling

Kapolres Malang Berikan Apresiasi Awak Satkamling Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, saat memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada awak satkamling.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kapolres , AKBP Putu Kholis Aryana, memimpin Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di wilayah Hukum Polres pada Rabu (21/6/2023).

Dalam kesempatan itu, Kapolres membacakan amanat Kapolri serta memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada awak satkamling dalam menjaga lingkungannya.

Baca Juga: Panwascam Manyar Sosialisasi Netralitas ASN, TNI, Polri dan Kades di Pilkada Gresik 2024

Ditambahkan juga bahwa optimalisasi awak satkamling untuk mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa harus ditingkatkan.

Upaya kolaborasi dan partisipasi masyarakat sebagai bentuk pam swakarsa mempunyai dasar hukum sesuai pasal 3 ayat 1 huruf c Undang-undang No.2 tahun 2002 tentang , selain itu juga tertuang dalam Peraturan Kapolri no.4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa.

Sebagaimana dikutip dari seorang penyair dari Amerika Serikat bernama Ralph Waldo Emerson yaitu the most power full security system is the one will built within your self, bahwa sistem pengamanan yang paling kuat adalah sistem yang anda bangun di dalam dirimu sendiri.

Baca Juga: 3 Anggota Polres Ngawi Dapat Kenaikan Pangkat

Dari total 230 ribu Pos Satkamling yang ada, hanya sekitar 134 ribu Pos Satkamling yang aktif. Diharapkan agar kesadaran masyarakat tentang keamanan lingkungan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa. Karena solidaritas adalah kunci utama penyelenggaraan satkamling.

Mengakhiri amanat dalam apel satkamling, Kapolres berpesan kepada awak satkamling agar meningkatkan kerjasama satkamling dengan TNI dan . Dan menjaga nilai, norma dan etika dalam pelaksanaan tugas, tanamkan bahwa tugas kepolisian terbatas non yusticial yang diberikan merupakan kehormatan yang selalu dijaga, karena kehadiran awak satkamling adalah representasi kehadiran di tengah masyarakat.

Dalam apel satkamling juga diberikan hadiah kepada pemenang lomba satkamling yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77. Adapun pemenang lomba satkamling di wilayah Polres , sbb :

Baca Juga: Pj Wali Kota Batu Anugerahkan Penghargaan untuk 24 Personel TNI-Polri

1. Juara I : RT.02 RW.01 Desa Segaran Kecamatan Gedangan

2. Juara II : RT.11 RW.04 Desa Ampeldento Kecamatan Pakis

3. Juara III : RT.02 RW.03 Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen

Baca Juga: Tim Kurator PT GML dan KPKNL Malang Digugat Pemegang Saham

4. Juara Harapan : RT.26 RW.09 Desa Kepuharjo Kecamatan Karangploso

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Ketua RT. 02 RW.01 Desa Segaran Kecamatan Gedangan Kabupaten , yaitu Pak Rusdiyanto, atas apresiasi Kapolres terhadap awak Satkamling.

"Terimakasih Bapak Kapolres atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada kami, sebagai awak satkamling sebagai pam swakarsa, kami akan meningkatkan solidaritas dan kerjasama dengan dan TNI dalam meningkatkan keamanan lingkungan, pungkas Pak Rusdiyanto." (dad/rev)

Baca Juga: Dukung Program POLRI, Kapolres Madiun Apresiasi Anggota dan Pemuda yang Berprestasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO