Gubernur Khofifah Diharapkan Hadir dalam Konferensi Internasional ke-10 Geopark UNESCO di Maroko

Gubernur Khofifah Diharapkan Hadir dalam Konferensi Internasional ke-10 Geopark UNESCO di Maroko Wisatawan saat berada di kawah Gunung Ijen.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Gubernur diharapkan hadir dalam Konferensi Internasional ke-10 Geopark di M’Goun UGGp ( Global Geopark), Maroko, pada 5-2 September 2023. Sebagai representasi Pemprov Jatim, ia akan menerima pengukuhan menjadi salah satu bagian dari Global Geopark dalam agenda tersebut.

"Undangan telah disampaikan kepada Ibu Gubernur dan didisposisi ke Disbudpar Jatim, dan saat ini sedang menunggu arahan lebih lanjut dari Ibu Gubernur," kata Kepala Bappeda Jatim sekaligus Ketua Umum Pengelola Geopark Ijen periode 2023-2024, Muhammad Yasin, Sabtu (8/7/2023).

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DP HKTI Jatim, Khofifah Bertekad Wujudkan Smart Village dan Sejumlah Program

Ia menceritakan, penetapan Kawasan Wisata sebagai Global Geopark (UGGp) ini dilakukan dalam sidang tahunan di Markas di Paris, Prancis, Rabu (24/5/2023). Penyerahan sertifikat resmi kepada pengelola Ijen Geopark rencananya akan dilaksanakan pada September 2023 di Maroko.

“Sebuah kebanggaan yang luar biasa, satu lagi obyek wisata geologi di Jatim dinobatkan sebagai UGGp,” tuturnya.

Yasin menjelaskan, UGGp memiliki kriteria yang ketat yang harus dipenuhi dalam mengelola sumber daya geologi dan nilai budaya. Mereka juga bekerja sama dengan stakeholder setempat, komunitas, dan pemerintahan untuk merancang proyek-proyek yang bertujuan untuk mengembangkan potensi geologi, memberikan manfaat ekonomi, Serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya sumber daya geologi.

Baca Juga: Fadli Zon Lantik Pengurus DPD HKTI Jatim, Khofifah Dorong Gerakan Kembali ke Desa

“Selain itu, Global Geopark juga memiliki program edukasi dan sosialisasi yang sangat baik, termasuk pelatihan-pelatihan dan penelitian yang bertujuan untuk memperdalam pengetahuan masyarakat tentang nilai geologi yang tersimpan di sekitar mereka," paparnya. 

"Dari sudut pandang lingkungan, Global Geopark juga menjadi model dalam menjaga kelestarian lingkungan konservasi sumber daya alam, dan mempromosikan praktik-praktik yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Saat ini di Provinsi Jawa Timur terdapat dua geopark berstatus UGGp/ Global Geopark, yakni Gunungsewu dan Ijen. Untuk Ijen Geopark lebih istimewa karena wilayahnya 100 persen ada di Jatim. Dan ini tentunya, menjadi kebanggaan bukan hanya masyarakat Jawa Timur tapi juga Indonesia.

Baca Juga: Di Haul ke-13 KH Ahmad Zamachsyari, Khofifah Didoakan Lanjutkan Pimpin Jawa Timur

Yasin berharap, sesuai arahan Gubernur Jatim, status baru tersebut akan berdampak siginifikan bagi daya tarik wisata , baik wisatawan mancanegara maupun nusantara. 

“Sehingga dapat mendongkrak perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur,” katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa UGGp merupakan salah satu program penting yang dimaksudkan oleh untuk melestarikan dan mengembangkan sumber daya geologi dunia.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

“Program ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat tentang kekayaan geologi di sekitar mereka dan betapa pentingnya sumber daya tersebut dalam kehidupan manusia,” tandasnya.

Yang jelas, dengan adanya pengakuan dari , maka seluruh situs geologi, budaya, dan hayati yang dimiliki Ijen akan dipromosikan langsung oleh . Sehingga Ijen UGGp akan semakin dikenal luas secara internasional dan meningkatkan kunjungan pariwisata.

Selain itu juga terbangun jejaring antar UGGp, sehingga membuka peluang kerjasama di berbagai bidang pendidikan, ekonomi, tenaga kerja, budaya, dan lainnya. Tidak hanya di level nasional namun juga di level global. (dev/mar)

Baca Juga: Hari Batik Nasional 2024: Khofifah Ajak Masyarakat Bangga Berbatik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO