Wakil Bupati Gresik: Masyarakat Pengidap HIV/AIDS Meningkat 3 Kali Lipat

Wakil Bupati Gresik: Masyarakat Pengidap HIV/AIDS Meningkat 3 Kali Lipat Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat memberikan arahan dalam pencegahan penyebaran HIV/AIDS. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab gencar mekakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah sebaran penyakit HIV/AIDS. Bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), pelatihan Warga Peduli HIV/AIDS (WPA) digelar di Kantor Bupati , Rabu (26/7/2023).

Agenda tersebut merupakan tindak lanjut atas pengukuhan WPA pada 30 November 2022. Peserta pelatihan berasal dari perwakilan seluruh organisasi wanita di , yang ditambah dengan duta HIV/AIDS , dan perwakilan beberapa sekolah negeri dengan total peserta 40 orang.

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

Pada kegiatan ini menghadirkan pemateri dari spesialis penyakit dalam RSUD Ibnu Sina, Much. Fakhrudin Fakhry, dari Dinas Sosial (Dinsos) , Nur Faridah, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) , Musyayadah. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati , Aminatun Habibah.

"Beberapa waktu lalu dari KPA sudah mensosialisasikan HIV/AIDS kepada perempuan di . Kami memilih perempuan, karena dirasa lebih peka terhadap isu seperti ini. Makanya, hari ini kita lanjutkan dengan pelatihannya," ujarnya.

Ia menyebutkan, kasus HIV/AIDS di cenderung meningkat. Pada 2021, angka Orang Dalam HIV/AIDS (ODHA) berjumlah 65 kasus. Jumlah ini meningkat sekitar 3 x lipat di 2022 menjadi 179 kasus.

Baca Juga: Dinkes Gresik Gandeng KWG Gelar Talkshow Penanganan AKI, AKB, dan Stunting

Sedangkan di triwulan 1 tahun 2023, jumlah kasus baru sudah mencapai 56 kasus. Kondisi ini menunjukkan penularan HIV/AIDS di Kabupaten tinggi. Para pengidap HIV/AIDS itu sekitar 49 persennya berasal dari laki-laki sex laki-laki (LSL/homosex). Kemudian, anak anak, remaja, ibu rumah tangga, dan warga binaan pemasyarakatan (narapidana).

"Fakta ini menjadi perhatian kita semua. Meskipun peningkatannya tidak sebanyak nasional yang mencapai sekitar 5.100 kasus per 6 Mei 2023. Tapi kita tidak bisa lengah dan berdiam diri saja," kata Bu Min (sapaan akrab Wakil Bupati ).

Ia mengatakan, problematik HIV/AIDS bukan hanya sebatas bidang kesehatan saja. Tetapi bisa mempunyai dampak di bidang politik, ekonomi, sosial, etnis, agama dan hukum. Bahkan berimplikasi secara nyata, cepat atau lambat dapat menyentuh semua aspek kehidupan manusia.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Gresik Teken MoA dengan Unesa

Bu Min berharap setelah pelatihan ini peserta dapat menjadi bibit dalam bersikap kepada ODHA. Misalnya seperti mengambilkan obat, mengantarkan ODHA ke tenaga kesehatan, memberikan penguatan mental, tidak mendiskriminasi ODHA, melatih keterampilan/life skill kepada ODHA, mengedukasi masyarakat/meluruskan persepsi yang salah tentang ODHA, ikut mendorong masyarakat ibu hamil untuk screening tes HIV/AIDS dan lainnya.

"Harapan saya agenda hari ini dapat memberikan pengetahuan, bagaimana ibu-ibu bisa memberikan arahan kepada warga di sekitarnya dalam mencegah HIV/AIDS dan bersikap kepada ODHA. Terlebih dapat mengeliminir orang-orang dengan keinginan seksual menyimpang, menjadi ke arah yang benar," harapnya.

Ia menambahkan, upaya-upaya yang dilakukan Pemkab tersebut untuk mewujudkan target three zero (zero infeksi baru, zero kematian terkait AIDS, serta zero stigma dan diskriminasi). (hud/mar)

Baca Juga: PT Smelting Raih Penghargaan Pembina Kemitraan Terbaik Bidang Penanaman Modal dari Pemkab Gresik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO