Upacara Manusuk Sima Hari Jadi Kota Kediri ke-1.144 Hadirkan UMKM untuk Hidangkan Makanan

Upacara Manusuk Sima Hari Jadi Kota Kediri ke-1.144 Hadirkan UMKM untuk Hidangkan Makanan Suryanti saat menyajikan jajanan tradisional pertulo dan surabi di HUT Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kamis (27/7/2023), Kota Kediri tepat berusia 1.144 tahun. Pergantian usia Kota Kediri ditandai dengan di Balai Kota Kediri.

Menariknya, dalam tahun ini menggandeng UMKM untuk menyajikan hidangannya. Berbagai hidangan ini tak hanya dinikmati tamu undangan, namun juga tukang becak dan masyarakat umum.

Baca Juga: KSF ke-7 Tutup Hari Jadi ke-1145 Kota Kediri

Salah satu UMKM yang terlibat adalah nasi goreng Pak Ndut. Setiap harinya, nasi goreng Pak Ndut ini ada di Jalan Letjend Sutoyo Burengan. Nasi goreng Pak Ndut ini merupakan salah satu penerima bantuan modal DBHCHT tahun 2023.

Ia mengaku senang bisa diundang untuk menghidangkan nasi goreng dan mie goreng di Hari Jadi Kota Kediri ke-1.144.

"Saya senang sekali bisa diundang di sini, bisa mempromosikan nasi goreng dan mie goreng asli Kota Kediri. Yakni menggunakan arang dalam proses memasaknya. Terima kasih Pak Wali," ucapnya.

Baca Juga: Funbike Kembali Digelar di Hari Jadi Kota Kediri

Ia juga menyampaikan harapannya di Hari Jadi Kota Kediri. Yakni agar Kota Kediri semakin baik serta dapat bahagia bersama seperti tema hari jadi tahun ini.

"Selamat Hari Jadi Kota Kediri ke-1.144. Kota Kediri Bahagia Bersama. Semoga semakin baik dan Pak sehat selalu serta meningkat karirnya," pungkasnya.

Ada pula gado-gado Pak To. Sunarni menuturkan telah berjualan gado-gado Pak To sejak 17 tahun lalu dan biasa mangkal di Ruko Hayam Wuruk. Sunarni mengaku bangga dapat menyajikan gado-gado buatannya di Hari Jadi Kota Kediri.

Baca Juga: Paling Ditunggu Warga Kota Kediri, Pj Zanariah Buka Kediri Nite Carnival 2024

"Alhamdulillah, senang sekali bisa menjadi salah satu bagian di Hari Jadi Kota Kediri. Ini pertama kali untuk saya. Ini bisa menambah rezeki saya dan produk gado-gado saya bisa dikenal orang semakin luas," ujarnya.

Selanjutnya, ada , yakni pertulo dan surabi. Jajanan tradisional ini merupakan produk UMKM yang dibuat oleh Suryanti. Ia telah berjualan sejak 8 tahun lalu di area Pasar Bandar. Setiap harinya, Suryanti bisa menghabiskan 150 porsi.

Suryanti sangat antusias pertulo dan surabinya menjadi salah satu hidangan di Hari Jadi Kota Kediri. Ia dan suaminya menata pertulo dan surabi di atas mangkuk agar siap dihidangkan kepada masyarakat.

Baca Juga: Kontingen Gudang Garam Tebarkan Cahaya Bunga Matahari di Kediri Night Carnival

"Sangat berkesan untuk saya hari ini bisa terlibat. Inginnya di acara-acara lain yang saya buat juga terlibat. Saya bahagia sekali pertulo dan surabi saya bisa dinikmati tamu-tamu di sini," ungkapnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO