Selaraskan Pembangunan dan Kelestarian Lingkungan, Khofifah Kukuhkan Forum Industri Hijau

Selaraskan Pembangunan dan Kelestarian Lingkungan, Khofifah Kukuhkan Forum Industri Hijau

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai wujud keseriusan Pemprov Jatim dalam mewujudkan green industry di Jawa Timur dan mempercepat proses pertumbuhan industri hijau di Jawa Timur, Gubernur Indar Parawansa mengukuhkan Jawa Timur, Jumat (28/7/23).

“Forum ini dibentuk untuk mengedepankan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan,” kata di kegiatan Gebyar Kreativitas dan Inovasi Industri di Jawa Timur, di Graha Unesa Surabaya.

diharapkan mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

"Sudah saatnya semua stakeholder bersama-sama menjadi bagian dari transformasi menuju pembangunan industri berkelanjutan dengan mendukung penciptaan industri yang ramah lingkungan. Diharapkan daya saing industri Jawa Timur semakin meningkat di kancah global," ujar Gubernur.

Gubernur menegaskan dalam rangka pemanfaatan sumber daya alam, khususnya di sektor industri, peralihan business as usual (BAU) menjadi industri hijau menjadi isu penting dan mutlak untuk segera dilaksanakan demi tercapainya efisiensi produksi serta menghasilkan produk hijau.

"Terlebih saat ini Indonesia juga tengah berupaya mewujudkan Indonesia net zero emission melalui pertumbuhan ekonomi hijau. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi industri lain dalam mewujudkan industri hijau di Jawa Timur yang semakin berkembang dan memberikan manfaat yang signifikan terhadap pertumbuhan industri hijau, serta meningkatkan sinergitas untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Jawa Timur," pungkas Gubernur .

Sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya pelaku industri dalam mendorong percepatan industri hijau di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan kepada 11 industri sebagai pelopor industri hijau dalam akselerasi pembangunan berkelanjutan di Jawa Timur.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Iwan, menandaskan saat ini di Jatim ada 344 perusahaan yang sudah mendapatkan standar industri hijau. Sedangkan yang sudah punya sertifikat industri hijaunya baru ada 11 industri.

“Yang tadi menerima penghargaan dari Ibu Gubernur (perusahaan yang sudah punya sertifikat industri hijau). Ibu membentuk forum dan mengakselerasi supaya yang 344 segera punya sertifikasi industri hijau,” tandasnya.

Forum ini harus sudah bekerja untuk mempercepat pencapaian perusahaan yang mendapatkan sertifikasi industri hijau sebanyak banyaknya. Sebab untuk mencapai sertifikasi tersebut banyak variabelnya, dari mulai bahan baku sampai proses ke hilirirasi itu harus semua ada standarnya untuk mendapatkan sertifikasi industri hijau. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO