7 Lomba Klasik di Perayaan 17 Agustus

7 Lomba Klasik di Perayaan 17 Agustus Lomba makan kerupuk. Foto: palangkaraya.go.id

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setiap 17 Agustus masyarakat biasa menggelar berbagai macam lomba untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, perlombaan menjelang HUT RI ini bisa mengeratkan tali persaudaraan antarwarga. Agar lebih seru dan menarik, berikut BANGSAONLINE.com merangkum 7 lomba klasik yang bisa digunakan untuk memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia.

1. Lomba Makan Kerupuk

Baca Juga: Berbagai Lomba Meriahkan Peringatan HUT Ke-79 RI di Lamongan

Lomba makan kerupuk adalah salah satu lomba klasik yang selalu menghibur dan menarik perhatian. Dengan tangan terikat di belakang punggung, peserta harus memakan kerupuk yang diikatkan pada seutas tali. Lomba ini menampilkan kepiawaian peserta dalam menangkap dan menghabiskan kerupuk dengan mulut mereka tanpa menggunakan tangan.

2.

Lomba balap karung merupakan lomba yang memiliki keseruan tersendiri. Peserta lomba ini harus memasukkan kedua kakinya ke dalam karung dan berjalan melompat untuk mencapai titik akhir. Lomba ini membutuhkan keseimbangan, koordinasi, dan kecepatan yang baik.

Baca Juga: Serunya Lomba Nyanyi Lagu Lawas Khusus Lansia di Kabupaten Kediri

3. Lomba Estafet Kelereng

Lomba estafet kelereng merupakan salah satu perlombaan yang populer jelang hari kemerdekaan. Lomba yang sering diikuti oleh anak-anak hingga remaja ini hanya membutuhkan sebutir kelereng dan sendok untuk tiap peserta.

Dengan alat bantu tangan atau mulut, peserta bertugas membawa kelereng yang diletakkan di atas sendok sambil berjalan menuju ke garis finis. Siapapun yang berhasil mencapai garis finis terlebih dahulu sambil membawa kelereng di sendok tanpa terjatuh itulah pemenangnya.

Baca Juga: Semarak Lomba HUT ke-78 RI, Wali Kota Kediri: Jadi Ajang Kekompakan ASN

4. Lomba Panjat Pinang

Lomba panjat pinang adalah lomba menguji ketangkasan dan keberanian peserta yang dilakukan secara berkelompok. Peserta harus berusaha memanjat pohon pinang untuk mencapai hadiah yang terletak di puncaknya. Kehebohan lomba ini terletak saat peserta gagal mencapai puncak karena pohon pinang tersebut diolesi minyak hingga licin.

5. Lomba Tangkap Belut

Baca Juga: Terbaru! 3 Contoh Sambutan Ketua Panitia atau RT/RW Malam Tirakatan 17 Agustus 2023

Lomba tangkap belut biasanya digelar saat perayaan 17 Agustus. Keseruan lomba ini terjadi saat peserta gagal menangkap belut dengan tangan kosong. Peserta yang paling banyak menangkap dan memindahkan belut ke dalam wadah masing-masing akan dianggap sebagai pemenang.

6. Lomba Masukan Paku ke dalam Botol

Salah satu lomba klasik saat perayaan 17 Agustus adalah lomba memasukkan paku ke dalam botol. Lomba Agustusan ini dilakukan dengan menggunakan paku yang diikat tali di pinggang peserta. Siapapun yang tercepat dalam memasukkan paku ke dalam botol itulah pemenangnya.

Baca Juga: 15 Ucapan Kreatif Peringatan HUT RI ke-78 Agustus 2023 Cocok untuk WA, Instagram dan Tiktok

7. Tarik Tambang

Lomba tarik tambang ini dimainkan oleh dua kelompok. Masing-masing kelompok memegang erat sebuah tali tambang dengan posisi saling berhadapan. Di tengah-tengah mereka terdapat sebuah pembatas atau tanda berupa garis. Masing-masing kelompok berupaya menarik sekuat tenaga tali tambang. Kelompok yang berhasil menarik tambang hingga regu lawan melewati garis pembatas, itulah yang jadi pemenang. (git). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO