Tahun 2023, Investasi di Gresik Tertinggi se-Jawa Timur

Tahun 2023, Investasi di Gresik Tertinggi se-Jawa Timur Bupati Gresik saat mendampingi Kapolda Jatim berkunjung ke kawasan JIIPE. FOTO: SYUHUD/BANGSAONLINE.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani menyebutkan, gelombang investasi yang masuk di , terus mengalami tren positif.

Pada 2023 tercatat, menjadi kabupaten penyumbang investasi terbanyak di Jawa Timur. Menempati urutan nomor 1 dalam realisasi investasi di Jawa Timur pada triwulan II 2023.

Baca Juga: Otak Perampokan Disertai Pembunuhan Agen BRILink di Gresik Belum Tertangkap

"Investasi masuk di Kabupaten capaiannya 38,8% dari total investasi di Jawa Timur. Disusul Kota Surabaya 18,8, Kabupaten Pasuruan 11,9, Kabupaten Sidoarjo 8,4%, dan Kabupaten Tuban 1,8," ucap bupati, Selasa (1/8/2023).

Sementara itu, Kepala DPMPTSP , Agung Endro Dwi Setyo Utomo menyampaikan, realisasi investasi pada triwulan II 2023 di , mencapai Rp12,092 triliun.

"Capaian ini, tumbuh 62% dibandingkan capaian periode yang sama pada tahun sebelumnya (yoy) sebesar Rp7,5 triliun," ucap Agung kepada BANGSAONLINE.com.

Baca Juga: Kajari Gresik Sebut Sisa Anggaran CSR dari Perusahaan di Desa Roomo Tembus Rp11 Miliar

Agung menjelaskan bahwa, raihan ini sejalan dengan arahan Bupati Fandi Akhmad Yani dalam menjadikan sebagai wilayah tujuan utama investasi.

"Untuk triwulan III dan berikutnya, DPMPTSP Kabupaten akan terus memaksimalkan kinerja. Dengan berbagai upaya dan kerja keras kolektif bersama. Kita optimis bisa menjadi nomor 1 di Jatim lagi," kata Agung optimis.

Kepala DPMPTSP lantas merinci realisasi investasi masuk di . Realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) sepanjang April-Juni 2023 mencapai 86% atau sekitar Rp10,39 triliun dari total realisasi investasi triwulan II. Capaian ini tumbuh 59 persen dibandingkan raihan 2022 pada periode yang sama.

Baca Juga: Kunjungi Wisata Mangrove Karangkiring Gresik, Ning Nurul Lakukan Pembinaan 10 Program Pokok PKK

Sementara itu, realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai sekitar Rp1,69 triliun atau setara 14% dari total investasi, tumbuh 8,3% pada periode yang sama.

Berdasarkan sektor usaha, pada 2023 triwulan II, tiga besar realisasi investasi berasal dari sektor pertambangan, barang logam, sektor industri logam dasar, bukan mesin dan peralatan, serta industri farmasi dan kimia.

Adapun realisasi investasi hingga triwulan II 2023 sebesar Rp22,8 triliun telah mencapai 76,7% dari target realisasi investasi pada 2023 sebesar Rp29,7 triliun.

Baca Juga: Plt Bupati Gresik Salurkan 335 Paket BLT DBHCHT di Ujung Pangkah dan Panceng

"Capaian triwulan II ini juga telah berhasil menyerap 8.175 tenaga kerja," pungkas Agung. (hud/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO