Warga Dua Desa di Jombang Semringah, Polres Kirimi Air Bersih

Warga Dua Desa di Jombang Semringah, Polres Kirimi Air Bersih Anggota Polres Jombang saat bagikan air bersih di Desa Manduro.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Warga dua desa di nampak semringah lantaran mendapatkan kiriman air bersih dari Polres . Sebab, sudah sekitar satu bulan desa mereka krisis air bersih.

Dua desa tersebut yakni, , Kecamatan Kabuh dan , , Kabupaten . Saat mobil tangki datang dengan kawalan petugas dari Polres , mereka langsung berbondong-bondong membawa timba dan mengantre untuk mendapatkan air bersih.

Baca Juga: Bobol Rumah Kosong di Jombang, Residivis Asal Kediri Diringkus Polisi

Satu per satu timba langsung diisi air oleh seorang polwan cantik dari Satlantas Polres , Iptu Fadilah. Usai penuh, warga kemudian memikul timba tersebut untuk dibawa pulang.

Manik (59), salah satu warga Dusun Guwo, , merasa senang atas kiriman air bersih. Sebab, selama krisis air bersih melanda kampungnya, ia harus berjalan jauh bahkan sampai ke desa tetangga untuk mendapatkan air.

"Alhamdulillah. Terima kasih Bapak Kapolres atas kiriman air ini," ucapnya sambil tersenyum lebar.

Baca Juga: Si Jago Merah Lalap Rumah di Jombang

Kemarau yang terjadi saat ini mengancam sumber-sumber air di sejumlah desa. Selain sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, warga juga kesulitan air untuk menyirami tanaman di sawah.

"Kami harus berjalan jauh sekitar 3 kilometer untuk mendapatkan air bersih. Sehari bisa sampai empat kali," ungkap Dami (50), warga lainnya.

Sementara, Wakapolres Kompol Hary Kurniawan mengungkapkan bantuan air ini sebagai bentuk kepedulian polisi kepada masyarakat di musim kemarau yang dilanda kekeringan.

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Jombang Ringkus 2 Penjual Sabu ke Sopir Truk

"Bantuan itu juga dalam rangka memperingati 28 tahun pengabdian Akpol 95 Patria Tama untuk Polri yang presisi. Semoga bisa meringankan masyarakat yang sedang kekurangan air bersih. Bisa digunakan untuk kebutuhan memasak, mencuci, dan mandi," ucapnya, Kamis (03/08/23).

Dikatakan, dropping air kepada warga terdampak kekeringan dilakukan di empat dusun yang berada di yakni, Dusun Gesing, Matoan, Dander, dan Guwo. Sedangkan didistribusikan di Dusun Tondowesi.

"Polres mengirimkan air bersih 20 truk tangki yang berkapasitas masing-masing truk lima ribu liter," terang Hary.

Baca Juga: Diduga Mengantuk, Truk Ayam Tabrak Tronton di Jombang

Selain menyalurkan air untuk warga yang terdampak kekeringan, lanjut Hary, Polres juga memberikan bantuan sosial (bansos) 100 paket sembako berupa beras kepada warga tidak mampu. (aan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO