Bulan Puasa, Pendonor Darah di Lamongan Turun Drastis

Bulan Puasa, Pendonor Darah di Lamongan Turun Drastis Petugas PMI memeriksa kebutuhan darah di PMI Lamongan. (foto: haris/BANGSAONLINE)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Jumlah pendonor darah di Lamongan di Bulan Puasa Ramdhan ini mengalami penurunan hingga 60 persen dari kondisi biasanya. Namun untungnya, stok darah di Lamongan masih cukup, bahkan berlebih.

Untuk meningkatkan jumlah pendonor tersebut, melakukan sejumlah inovasi. Yakni seperti pengambilan darah pada malam hari di masjid-masjid seusai Sholat Tarawih.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Tanggulangi Bencana, BPBD Kota Batu Gelar Pelatihan SPAB

“Stok darah yang ada di Lamongan saat ini cukup banyak. Namun untuk mengantisipasi kebutuhan saat peningkatan arus mudik nanti, yang biasanya juga diikuti peningkatan kasus kecelakaan, akan melakukan jemput bola donor darah di masjid-masjid,“ ujar Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo.

Selain itu, lanjut dia, selama ini sudah menyediakan snack, kaos dan beberapa souvenir kepada warga yang mau mendonorkan darahnya. “Ini juga untuk meningkatkan animo masyarakat,“ imbuh dia.

Sedangkan jika sampai terjadi kekurangan stok darah, sudah menyiapkan rencana cadangan dengan mengambil stok darah dari daerah lain. Seperti dengan Surabaya yang selama ini sudah terjalin kerjasama cukup baik.

Baca Juga: HUT ke-79 PMI, Khofifah Ajak Masyarakat Terus Tumbuhkan Solidaritas Kemanusiaan Lebih Kuat

Stok darah di Lamongan per 24 Juni untuk Golongan A ada 111 kantong. Sedankan darah Golongan B masih ada sebanyak 115 kantong, Golongan AB sebanyak 31 kantong dan stok darah Golongan O masih tersedia 261 kantong. (ais/rvl) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO