6 Tempat Wisata di Situbondo yang Bikin Takjub dan Betah

6 Tempat Wisata di Situbondo yang Bikin Takjub dan Betah Savana Bekol salah satu destinasi wisata yang berada di Taman Nasional Baluran. Foto: pariwisata.situbondokab.go.id

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tempat wisata di Situbondo bisa menjadi pilihan dalam mengisi momen liburan. Situbondo merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jatim dan terletak pada pesisir utara pulau Jawa. Ada banyak destinasi wisata yang ada di Situbondo.

Kawasan objek wisata di Situbondo dikenal sebagai "East Side of Paradise" dengan beragam potensi yang dimiliki. Wilayah kabupaten yang terdapat Pelabuhan Panarukan ini memang berada di kawasan Tapal Kuda Jawa Timur dengan bentang alam memesona. Tempat wisata di Situbondo ini meliputi pegunungan, pantai, sejarah hingga wisata buatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 tempat wisata di Situbondo yang menakjubkan dan bikin betah.

1. Taman Nasional Baluran

Wisata Situbondo pertama yang wajib dikunjungi adalah Taman Nasional Baluran. Saat musim kemarau, taman nasional yang memiliki branding wisata "Africa Van Java" ini memiliki panorama yang mirip dengan daratan Afrika. Namun, di kala memasuki penghujan pemandangannya hijau memesona dengan latar belakang Gunung Baluran.

Di tempat wisata Situbondo ini, wisatawan dapat mengunjungi Savana Bekol yang terkenal dengan rerumputan dan pepohonan yang eksotis.

Savana Bekol menjadi habitat satwa seperti banteng, kera, kerbau, rusa, lutung, merak dan ular serta beberapa jenis burung kecil yang menjadi panorama menakjubkan serasa di Afrika.

2. Pantai Bama

Untuk mencapai pantai Bama, wisatawan harus melewati gerbang masuk Taman Nasional Baluran yang berlokasi di Jalan Banyuwangi - Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

Dari gerbang Taman Nasional Baluran menuju Pantai Bama berjarak sekitar 8 kilometer. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi keindahan Taman Nasional Baluran yang hijau di musim hujan dan terlihat gersang saat kemarau.

Tiba di lokasi pantai, wisatawan akan disambut dengan kawanan kera abu-abu ekor panjang yang mendiami tempat ini. Selain dikenal sebagai pantai dengan hamparan pasir putih serta air yang jernih, Pantai Bama juga menjadi habitat bagi kawanan berbagai burung langka endemik Jawa Timur.

Keunikan lain yang dimiliki pantai yang masuk wilayah administratif Situbondo adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove.

Berbagai fasilitas penunjang seperti kamar bilas, tempat istirahat, warung makan, hingga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya juga tersedia di Pantai Bama.

3. Ekowisata Kampung Blekok

Tempat wisata Situbondo berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Ekowisata Kampung Blekok.

Dengan branding Wisata "Harmony of Life", Ekowisata Kampung Blekok merupakan salah satu wisata baru Situbondo yang cukup populer.

Destinasi wisata Situbondo ini akan dikembangkan menjadi ekowisata sebagai konservasi keanekaragaman hayati dan meningkatkan rasa peduli masyarakat terhadap alam.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO