Tahun Ini, Pemkot Pasuruan Targetkan Pengguna KTP Digital Capai 25 Persen

Tahun Ini, Pemkot Pasuruan Targetkan Pengguna KTP Digital Capai 25 Persen

KOTA PASURUAN, BANGSA ONLINE.com - Penyelesaian administrasi kependudukan (adminduk) warga mulai perekaman e-KTP, Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan data kematian terus diupayakan Pemerintah . Sehingga dalam 2 hari ini (14-15 Agustus) digelar sosialisasi ke RT RW se- untuk membereskan semua permasalahan terkait adminduk. Sosialisasi ini berlangsung di Gedung Gradika .

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menargetkan 25 persen masyarakat ber-KTP juga memiliki Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Baca Juga: Pjs Wali Kota Pasuruan Hadiri Kirab Maskot Pilkada 2024

"Kita masih 5%. Untuk itu, perlu bantuan bapak Ibu untuk mencapai target 25%," kata Wali Saifullah Yusuf, Senin (14/8)

Sosialisasi adminduk yang digelar selama 2 hari dihadiri 995 orang undangan, dengan rincian 430 orang dari Kecamatan Panggungrejo, Kecamatan Bugul Kidul sebanyak 185 orang, Kecamatan Gadingrejo 296 orang, staf kelurahan dari 3 kecamatan sejumlah 52 orang, serta undangan 32 orang.

Sosialisasi Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan bagi ketua RT dan RW diadakan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) yang dihadiri oleh Wali Kota Saifullah Yusuf, Wakil Wali Adi Wibowo, dan Ismail Marzuki Hasan selaku Ketua DPRD .

Baca Juga: Bersama para Petani Milenial, Khofifah Panen Bunga Sedap Malam di Pasuruan

Dalam momen ini, Wali yang akrab disapa Gus Ipul mengajak semua RT, RW, lurah dan camat untuk ikut menyukseskan gerakan sadar administrasi kependudukan.

"Saya cukup kaget juga ribuan warga belum mempunyai KTP. Padahal KTP sangat dibutuhkan. Jadi Bapak Lurah dan Bapak Camat serta seluruh RT dan RW banyak warga bapak Ibu yang masih belum mempunyai KTP. Jadi mohon untuk dibantu segera dituntaskan," ujar Gus Ipul.

Raihan pencatatan KTP elektronik Pemkot Pasuruan sudah mencapai 96,7 persen dan ditargetkan 99% di akhir tahun ini.

Baca Juga: Pemilik Kafe di Ruko Gempol 9 Keluhkan Pungutan Rp80 Ribu per Hari, Minta Pertanggungjawaban

"Ada 5.110 warga baik yang baru 17 tahun atau yang sudah tua belum memiliki e-KTP. Maka saya minta tolong Pak RT dan Pak RW bisa menyisir warga yang belum memiliki e-KTP agar bisa tuntas pencatatan adminduk," ujarnya

Sementara itu, Siti Mariyam selaku Kepala Dispendukcapil mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk meningkatkan kinerja bagi ASN dalam hal memberikan pelayanan dalam pembuatan adminduk serta upaya peningkatan cakupan kepemilikan IKD di .

“Saat ini masih 5,21 persen yang sudah ber-IKD. Dengan sosialisasi hingga ke RT RW kita yakin kurang lebih 29.913 penduduk atau target 25 persen bisa tuntas kita capai,” pungkasnya. (par/git).

Baca Juga: Lilik Pujiastuti Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Pasuruan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO