3 Fitur Baru Gmail Dapat Cegah E-mail Diretas

3 Fitur Baru Gmail Dapat Cegah E-mail Diretas 3 Fitur Baru Gmail Dapat Cegah E-mail Diretas. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gmail menambah lapisan keamanan untuk layanan email yang dapat diakses oleh penggunanya untuk cegah peretasan. Pembaruan kali ini terletak pada adanya verifikasi ulang terhadap beberapa aktivitas yang dianggap sensitif oleh Gmail, khususnya saat melakukan perubahan di Pengaturan Gmail.

Saat ini 3 hal yang menjadi sorotan layanan keamanan baru G-mail yaitu Filter, Forwarding dan Akses IMAP. Gmail akan meminta verifikasi pengguna ketika melakukan perubahan terhadap sejumlah pengaturan di atas.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 4 Oktober 2024

Berikut contoh aktivitas yang tergolong sensitif oleh Gmail:

1. Filter

Ketika terdapat perubahan filter, seperti membuat filter baru, mengedit filter yang sudah ada, atau mengimpor filter baru ke Gmail, Anda akan mendapatkan notifikasi dari Gmail.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

2. Forwarding

Penambahan e-mail baru untuk meneruskan pesan di menu pengaturan Forwarding dan POP/IMAP. POP adalah fitur yang akan mengarahkan pengguna membuka pesan yang dikirim menggunakan Microsoft Outlook di Gmail, sedangkan IMAP memungkinkan pengguna membaca pesan Gmail dari perangkat yang berbeda dan langsung tersinkronisasi secara langsung (real-time).

3. Akses IMAP

Baca Juga: 5 Minuman yang Efektif Menurunkan Gula Darah

Mengaktifkan status akses IMAP pada menu Pengaturan (apabila diaktifkan, pengguna akan dapat mengakses akun Gmail di perangkat yang berbeda-beda).

Ketika pengguna melakukan salah satu kegiatan di atas, maka Gmail akan mendeteksinya dan mengirimkan notifikasi yang bertuliskan "Verify it's you" (Verifikasi itu adalah Anda). Prompt tersebut akan meminta verifikasi, apakah perubahan Setting yang dilakukan benar-benar dilakukan oleh pemilik akun atau tidak.

Sumber foto: Ist

Prompt verifikasi akan dikirimkan ke smartphone terpercaya yang terdaftar di akun Gmail. Jika pengaturan yang dilakukan oleh diri sendiri, Anda bisa mengeklik "Yes, it's me".

Baca Juga: Resep Kekian Goreng, Camilan Gurih Favorit Keluarga

Dalam kasus lain, jika proses verifikasi gagal, maka Gmail akan mengirim "Peringatan keamanan kritis" berwarna merah ke perangkat terpercaya. Gmail akan melakukan verifikasi apakah jenis smartphone, titik lokasi perangkat dan platform yang digunakan benar milik pengguna atau bukan.

Apabila Anda nantinya menerima prompt verifikasi dari Gmail, tidak perlu khawatir. Bisa saja Anda melakukan sejumlah aktivitas yang dinilai sensitif oleh Google.

Fitur baru Gmail ini secara gratis dapat diakses oleh pengguna Google Workspace ataupun akun Google dan sudah diberlakukan per 23 Agustus 2023 secara bertahap.

Baca Juga: Benarkah Kopi Hitam Paling Baik untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO