155 Hektare Lahan Kilang Minyak Tuban Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp75 Miliar

155 Hektare Lahan Kilang Minyak Tuban Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp75 Miliar Kebakaran lahan kilang minyak di Desa Sumurgeneng, Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api yang membakar lahan PT Fungsi Early Work Grass Root Refinery (GRR) Tuban, Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban.

Dalam proses pemadaman, puluhan mobil damkar dikerahkan ke lokasi untuk menjinakkan si jago merah yang menghanguskan lahan kosong yang menjadi lokasi proyek kilang minyak Tuban tersebut.

Kebakaran hebat yang terjadi sekitar 13 jam itu, menghanguskan lahan seluas 155 hektar dengan kerugian ditaksir mencapai 50 hingga 70 miliar.

"Akibat kejadian kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai 50 hingga 70 Miliar rupiah. Dan lahan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih 155 Hektar," jelas Kapolsek Jenu, Iptu Rianto, Selasa (5/9/2023).

Ia menjelaskan, pihaknya belum dapat memastikan penyebab terjadinya insiden hebat tersebut.

Namun, dari penuturan sejumlah saksi, dugaan sementara penyebab kebakaran lahan kilang minyak tersebut, akibat dari puntung rokok yang dibuang oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Diduga api berasal dari puntung rokok milik ODGJ yang setiap harinya standby di lokasi area lahan. Api dengan cepat membesar karena lahan dipenuhi semak dan kayu kering,” imbuhnya.

Sementara itu, petugas gabungan masih standby di lokasi kejadian dan terus melakukan upaya pendinginan hingga memastikan bara api sudah benar-benar padam. Karena jika api belum pada, pihaknya khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO