Wali Kota Kediri Salurkan Bantuan Pangan Non-Tunai Daerah

Wali Kota Kediri Salurkan Bantuan Pangan Non-Tunai Daerah Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat menyalurkan Bantuan Pangan Non-Tunai Daerah. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali , Abdullah Abu Bakar, menyalurkan bantuan pangan non-tunai daerah (BPNTD), Jumat (8/9/2023). Bantuan ini disalurkan kepada 2.175 penerima manfaat se-

Untuk Kecamatan Mojoroto dipusatkan di Kelurahan Bandar Lor, Kecamatan Kota dipusatkan di Kelurahan Setonopande, dan Kecamatan Pesantren dipusatkan di Kelurahan Betet.

Baca Juga: Jaga Akurasi Data Segmen PBPU, Pemkot Kediri dan BPJS Kesehatan Lakukan Evaluasi Data Peserta

"Alhamdulillah kita bisa menyalurkan bantuan sosial dari Pemerintah . Bantuan ini diperuntukkan bagi warga yang perlu dibantu. Jadi yang belum dapat bantuan dari pusat atau provinsi kita bantu melalui bantuan daerah ini," kata pimpinan daerah yang akrab disapa Mas Abu itu.

Ia menyebut, bantuan pangan non-tunai daerah yang diberikan ini sejumlah Rp200 ribu setiap bulannya untuk periode Mei-Agustus. Sebelumnya bantuan sosial ini sejumlah Rp150 ribu setiap bulannya, lalu pada 2022 telah dinaikkan menjadi Rp200 ribu. 

"Jadi para penerima manfaat menerima 800 ribu," ujarnya.

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

Wali kota berpesan, agar bantuan yang diberikan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi saat ini harga beras sedang meningkat.

"Saya pesan ini digunakan untuk kebutuhan jangan untuk membayar hutang ataupun membeli rokok. Pemerintah akan mengadakan operasi pasar murah nanti panjenengan bisa belanja beras di situ karena lebih murah," tuturnya.

Mas Abu menambahkan, juga memiliki program pelatihan, yang mana banyak bidang di sana. Apabila ada warga yang berusia 18-35 tahun bisa mengikuti pelatihan dengan syarat bisa langsung datang ke Kantor Dinkop UMTK atau melalui media sosialnya.

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

"Kita adakan pelatihan ini untuk warga yang sungguh-sungguh meningkatkan kemampuannya. Pelatihan ini gratis masyarakat tinggal ikuti saja tapi harus sungguh-sungguh," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) , Paulus Luhur Budi, menjelaskan bantuan ini diserahkan non-tunai melalui virtual account Bank Jatim dalam rangka memudahkan masyarakat.

"Kita dekatkan ke masyarakat (Bank Jatim). Penerima bantuan ini jadi lebih mudah tidak perlu mengantre di bank. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

Baca Juga: Sekdakot Kediri Sambut Kedatangan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Salah satu penerima manfaat, Kartiyem dari Kelurahan Bandar Lor sangat bersyukur BPNTD telah disalurkan. Bantuan ini akan digunakannya untuk memenuhi kebutuhannya, di mana saat ini harga beras yang menjadi kebutuhan pokok meningkat.

"Terima kasih Pak Wali atas bantuan yang diberikan. Saya gunakan untuk membeli kebutuhan saya. Senang sekali bisa dibantu," ujarnya.

Turut mendampingi Wali , Camat, Lurah, dan tamu undangan lainnya. (uji/mar)

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Pelaku yang Aniaya Adik Kadungnya hingga Tewas, Apa Motifnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO