Buka Pelatihan PL-KUMKM, Mas Adi: UMKM Penopang Ekonomi Kota Pasuruan

Buka Pelatihan PL-KUMKM, Mas Adi: UMKM Penopang Ekonomi Kota Pasuruan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo saat membuka pelatihan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota menghadiri pembukaan Pelatihan Petugas Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Tahun 2023 () Kota Pasuruan di Hotel Ascent Primiere, Jum’at (8/9/2023).

Dalam sambutannya, menekankan bahwa UMKM merupakan salah satu faktor tumbuhnya perekonomian di Kota Pasuruan.

“Selama pandemi Covid-19, perekonomian di Kota Pasuruan sangat terdampak sekali. Tetapi Alhamdulillah, begitu pandemi selesai pertumbuhan ekonomi di Kota Pasuruan tumbuh signifikan sebesar 6,22%. Dibandingkan tahun 2021 naik 100 persen,” ujarnya

Menurutnya, penopang dalam perekonomian Kota Pasuruan adalah sektor perdagangan, industri pengolahan informasi dan komunikasi, transportasi, keuangan, dan asuransi.

“Di Kota Pasuruan juga dilakukan verifikasi dan validasi terkait data sektoral data UMKM,” katanya

Ia mengungkapkan Kota Pasuruan mempunyai aplikasi yang namanya SIDUTA (Sistem Informasi Data Usaha Mikro Kota Pasuruan). Apilkasi itu menyediakan data terkait usaha mikro (UM) dan data informasi produk unggulan yang ada di Kota Pasuruan.

“Kita sangat bersyukur dari BPS ada pelatihan petugas pendataan lengkap koperasi dan usaha kecil, mikro dan menengah. Tentu ini akan menjadi input bagi kita semua, terkait dengan data yang faktual dan data yang update sebagai intervensi kebijakan di Kota Pasuruan,” tambahnya

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO