Profil Ivar Jenner, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berdarah Jember

Profil Ivar Jenner, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berdarah Jember Ivar Jenner tampil menawan kala Timnas Indonesia U-23 menghadapi Taiwan U-23. Foto: Twitter PSSI

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penampilan dua pemain naturalisasi asal Liga Belanda saat membela Timnas Indonesia U-23 dalam laga perdana Kualifikasi Piala Asia AFC U-23 Grup K, memang begitu memukau.

Kemenangan telak 9-0 atas Taiwan U-23 bisa jadi gambaran betapa pesatnya kemajuan Ernando Ari dan kolega di bawah arahan Shin Tae-yong.

Baca Juga: [HOAKS] FIFA Batalkan Kemenangan Qatar atas Timnas Indonesia Usai Pastikan Wasit Curang

Meski dianggap melawan tim yang tidak seimbang, namun performa permainan yang dimiliki Timnas U-23 patut diperhitungkan di kancah Asia.

Salah satu pemain andalan Timnas Garuda Muda yang tengah menjadi sorotan warganet adalah .

Gelandang kelahiran 10 Januari 2004 itu mendapatkan pujian tinggi dari netizen setelah tampil menawan saat Timnas Merah Putih menghajar Taiwan di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9).

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Operan-operan akurat yang dilakukan pemain FC Utrecht tersebut terlihat cukup merepotkan lini pertahanan Taiwan. Salah satunya assist cantik di menit ke-30 yang berhasil dituntaskan Witan Sulaeman untuk menjadi gol keempat bagi Timnas Indonesia U-23.

Umpan manis kembali ditunjukkan Jenner pada gol kedua Marselino Ferdinan yang membawa Indonesia unggul 7-0.

Pemain bernomor punggung 6 itu jeli melihat celah di antara pemain Taiwan lalu menempatkan bola yang mudah dijangkau Marselino, sehingga dapat berakselerasi dan menghasilkan gol.

Baca Juga: Daftar Juara Piala Asia U-23 dari Tahun ke Tahun

Lantas, sebenarnya siapa yang aksi-aksinya menuai pujian dari netizen?

yang lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004 ternyata memiliki darah keturunan Indonesia dari pihak ayah yang memiliki ibu dari Jember, Jawa Timur.

Pengakuan tersebut diungkap oleh Jenner saat diundang dalam sebuah wawancara di saluran YouTube milik Yussa Nugraha.

Perjalanan di dunia kulit bundar dimulai ketika berusia 6 tahun. Ia memperkuat klub junior IJsselstein FC dari 2010 hingga 2014.

Setelah itu, pria bertinggi 1,88 meter tersebut pindah ke ibu kota untuk bermain bersama tim junior Ajax pada 2014. Selang dua tahun, Ivar memutuskan kembali ke kampung halaman dan bergabung bersama tim junior FC Utrecht pada 2016.

Saat menginjak usia 16 tahun, Ivar masuk dalam daftar pemain FC Utrecht U-17 pada 2020.

Seiring bertambahnya usia dan penampilan yang terus memukau membuat Ivar pindah dari FC Utrecht U-18 ke U-21 pada Juli 2022.

Meski belum mendapatkan debut di tim utama Utrecht, namun pemain yang mengandalkan kaki kanan itu telah mendapatkan kontrak baru hingga 2026. (git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO