Inflasi Kota Kediri Cukup Terkendali pada Agustus Sebesar 0,03 Persen, Terendah Kedua se-Jawa Timur

Inflasi Kota Kediri Cukup Terkendali pada Agustus Sebesar 0,03 Persen, Terendah Kedua se-Jawa Timur Tetuko Erwin Sukarno, Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Kediri.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri berhasil menjaga stabilitas harga komoditas selama momen Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 RI. Hal itu membuat Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Kediri menurun pada Agustus 2023 menjadi 0,03%.

Capaian tersebut diketahui berada pada posisi terendah kedua di Jawa Timur setelah Madiun dan lebih rendah dari inflasi pada Juli 2023, yakni 0,17 persen.

Baca Juga: Dari Arahan Kemendagri, Pemkot Kediri Siapkan Langkah Intervensi Pengendalian Inflasi

Kepala BPS Kota Kediri, Pardjan, mengungkapkan bahwa tingkat pada Agustus 2023 bertengger di bawah inflasi Jatim, yakni 0,11%, Senin (11/9).

Ia juga menyebutkan terdapat sejumlah komoditas yang menjadi penyumbang inflasi, antara lain: beras dengan inflasi sebesar 0,0716%, sekolah menengah atas (SMA) 0,0545%, cabai rawit 0,0456%, upah asisten rumah tangga 0,0162%, bawang putih 0,0089%, jagung manis 0,0079%, pepaya 0,0074%, tarif roda dua online 0,0071%; gula pasir 0,0056%, dan susu bubuk untuk balita 0,0052%.

Selanjutnya, terdapat pula 10 komoditas penghambat inflasi, di antaranya: telur ayam ras sebesar -0,0736%, daging ayam ras -0,0591%, bawang merah -0,0371%, emas perhiasan -0,0212%, daging sapi -0,0103%, sekolah dasar (SD) -0,0088%, kacang panjang -0,0078%, sabun cair/cuci piring -0,0067%; kelapa -0,0067%, serta pisang -0,0057%.

Baca Juga: Begini Cara Pemkot Kediri Stabilisasi Harga dan Tekan Laju Inflasi

Meski mengalami penurunan tingkat inflasi, Pardjan mengimbau kepada Pemerintah Kota Kediri agar selalu waspada terhadap kenaikan harga komoditas pada bulan berikutnya.

“Masih ada beberapa komoditas seperti: beras, cabai rawit, serta bawang putih yang di bulan ini memberikan andil inflasi tertinggi dan berpotensi mengalami gejolak di bulan berikutnya, mengingat musim panen raya belum tiba. Oleh karena itu kita harus waspada agar selalu memperhatikan betul pasokan komoditasi di pasar,” ujar Pardjan.

Kepala BPS berharap agar pemerintah kota bersama TPID melaksanakan sidak pasar secara intensif guna mencegah kelangkaan komoditas.

Baca Juga: Tanggapi Hasil Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Pemkot Kediri Siapkan Pelbagai Upaya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Kediri, Tetuko Erwin Sukarno, menyampaikan bahwa Presiden Jokowi dalam Rakornas TPID akhir Agustus lalu telah mengingatkan tentang pentingnya deteksi dini komoditas bahan pokok yang mulai menghadapi peningkatan.

Sehingga, hal itu dapat diintervensi sedini mungkin sebelum menjadi persoalan disparitas harga yang menyulitkan masyarakat. Secara khusus juga disebutkan perlunya perhatian khusus pada komoditas beras yang harganya mengalami kenaikan pada pertengahan hingga akhir Agustus.

Erwin menyebutkan bahwa peningkatan harga beras terjadi secara rasional. Hal ini dikarenakan telah lewatnya masa panen raya, kondisi kemarau panjang akibat fenomena el nino, serta pembatasan negara-negara eksportir beras ke Indonesia karena kekhawatiran ancaman pangan di negara tersebut.

Baca Juga: Monitoring Harga, Komoditas di Pasar Kota Kediri Terpantau Aman

Erwin mengaku sudah menerima arahan dari Wali Kota Kediri untuk melakukan stabilisasi harga, "Sudah mendapat arahan dari Bapak Wali Kota untuk segera koordinasi dengan Bulog untuk melakukan intervensi pasar pada komoditas beras, akan segera kami lakukan operasi pasar," jelasnya, Senin (11/9).

Tentang ketersediaan pasokan, Erwin menuturkan bahwa cadangan beras di Bulog Kediri aman hingga lebaran 2024, sehingga warga tidak perlu khawatir.

"Pemerintah Kota Kediri bekerjasama dengan semua pihak, akan selalu melakukan upaya untuk menjaga kestabilan harga dan kecukupan pasokan bahan pokok," tutupnya. (uji/git)

Baca Juga: Harga Berbagai Komoditas Turun, Inflasi Kota Kediri Terendah di Jawa Timur Periode Juni 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO